Sejumlah petani di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, panen komoditi tomat meski di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang hingga kini belum juga berakhir.

"Ya kita bersyukur panen buah tomat kali ini lebih baik dari sebelumnya," kata Yola, salah seorang petani di tomat di Desa Berdikari, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Jumat (8/5).

Ia mengatakan pandemi Covid-19 cukup membuat banyak orang mengalami dampak, terutama daya beli menurun. Petani, kata dia, juga merasakannya, sebab harga berbagai kebutuhan sehari-hari rata-rata mengalami kenaikan. Untung tanaman tomat yang dikembangkannya terbilang cukup bagus dan menggembirakan.

Untuk musim kali ini bisa dapat 10 ton dengan harga pembelian pedagang langsung kepada petani sekarang ini Rp 2.500 per kilogram (kg). Petani di wilayah tersebut selain menanam padi, juga berbagai komoditi hortikultura seperti tomat, cabai dan bawang merah.

Hal senada juga disampaikan Jefri, salah seorang petani cabai dan tomat di Desa Lembantongoan, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi. Ia juga mengatakan sedang berlangsung panen cabai dan buah tomat.

Hasil panen petani langsung dibeli para pedagang yang datang dari Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng. "Jadi kami (petani) tidak perlu lagi menjualnya ke Kota Palu, sebab pedagang sendiri yang datang membeli kepada petani dengan harga tentu di bawah harga di tingkat pengecer,"katanya.

Harga tomat di tingkat produsen di desanya rata-rata Rp 2.500 per kg. Sementara harga buah tomat di tingkat pengecer di Kota Palu berkisar Rp 5.000 per kg.

Para petani tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Tetapi tetap mengikuti protokol gugus Covid-19 yakni antara lain menjaga jarak, menggunakan masker dan cuci tangan.

"Yang penting tetap memperhatikan masalah kebersihan diri sendiri," ujarnya.

Kecamatan Palolo merupakan lumbung pangan di Kabupaten Sigi. Selain pangan, juga komoditi perkebunan seperti kopi, kakao, vanili dan buah kemiri.

Sumber : Republika.co.id

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us