Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (Balai PATP) kembali melaksanakan rapat koordinasi validasi dilanjutkan diskusi terfokus  untuk menindaklanjuti  hasil verifikasi pelaksanaan lisensi (alih) teknologi Balitbangtan. Rakor yang dilaksanakan di Balai PATP pada 1 Maret 2019 ini mengundang seluruh unit kerja/unit pelaksana teknis lingkup Balitbangtan (pemilik invensi) dan mitra penerima lisensi. 
 
Rakor bertujuan untuk menyepakati rumusan pemetaan status pelaksanaan lisensi. Sedangkan FGD dimaksudkan untuk validasi hasil verifikasi yang dilaksanakan oleh Tim Balitbangtan atas perkembangan pelaksanaan lisensi  dan untuk menyepakati tindak lanjut penyelesaian permasalahan dan rencana pengembangan lisensi tahun 2019. Tidak kurang dari 35 perusahaan hadir mengikuti rakor dan diskusi terfokus ini untuk  menyampaikan  progres dan kendala  pelaksanaan komersialisasi tahun  2018. Di samping itu juga menyepakati tindaklanjut yang akan direalisasikan di tahun 2019.
 
Kepala Balai PATP Dr. Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari, M.Si menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan lisensi teknologi Balitbangtan sampai  tahun 2018.  Namun demikian, adalah menjadi kewajiban Balitbangtan untuk tetap secara rutin mengevaluasi kegiatan alih teknologi yang telah dilaksanakan  dengan memetakan status pelaksanaan lisensi. Posisi merah yang artinya perlu pengambilan keputusan psngembalian atau pemutusan lisensi karena adanya permasalahan serius yang tidak dapat diselesaikan.  Status kuning berarti sudah mulai berjalan, namun terdapat permasalahan  yang perlu segera ditindaklanjuti. Sedangkan  kategori hijau yang artinya pelaksanaan kegiatan lisensi sudah berjalan dengan baik bahkan menghasilkan royalti.
 
Seluruh pihak berharap, tahun 2019 kinerja  pelaksanaan lisensi akan terus meningkat. Semua permasalahan dapat tertangani dengan baik melalui sinergi yang harmonis antar seluruh pihak yang terkait.  Di akhir FGD, seluruh pihak yang hadir  berkomitmen: siap bersama menyukseskan pelaksanaan lisensi untuk percepatan penyiapan dan distribusi logistik mendukung  penerapan dan hilirisasi teknologi unggul Balitbangtan agar dapat dirasakan manfaatnya oleh pengguna.
 
Sumber : Balai PATP
favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us