Balai Penelitian Tanaman sayuran kedatangan tamu istimewa dari Jawa Barat yaitu para penangkar kentang binaan Balitsa di Jawa Barat, pertemuan berlangsung pada hari Kamis, 12 April bertempat di Aula Balitsa, turut hadir dalam acara tersebut Kepala Balai Penelitian Tanaman Sayuran, 7 Penangkar kentang Jawa Barat,yaitu dari CV. Hortitek, PT. Radina, PT. Primordia, Jaya makmur Farm, Kelompok H. Diat, Koperasi Mikro Potato dan Kelompok H. Oni. Peneliti tanaman kentang dan yang tertarik perbenihan kentang dari Balitsa juga hadir diantaranya Dr. Eri Sofieri, Ir. Asih Kartasih, APU, Dr. Iteu M. Hidayat, Ir. Kusmana, Dr. Rofik. SB, Dr.Nikardi dan peneliti lainnya.

Acara di awali dengan Perkenalan dari masing-masing kelompok penangkar memperkenalkan kelompok usahanya berikut anggota kelompoknya. Penyampaian materi mengenai prospek perbenihan kentang di Indonesia yang disampaikan oleh Dr. Eri Sofiari yang dipandu oleh Dr. Iteu. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab seputar isue-isue terbaru mengenai perbenihan kentang. Bapak Kepala Balai dalam sambutannya menyampaikan “ kita perlu untuk ketemu tujuannya para penangkar bisa mendapatkan informasi teknologi balitsa, bisa kerjasama dalam memasarkan benih kentangnya “.

Pada pertemuan yang sangat berharga ini digali juga informasi mengenai ketersediaan benih, potensi pengembangan benih, serta distribusi benih oleh penangkar sampai dengan ke kelas benih sebar. Informasi digali lewat kuesionar yang disiapkan oleh peneliti sosial ekonomi yaitu Dr. Rofik SB dan Dr. Witono Adiyoga. Hal yang menarik dari pertemuan ini ialah para penangkar saling berkenalan, tukar informasi sehingga mereka dapat bekerjasama satu sama lainnya.

Hasil quesioner sementara hasil sementara dari kuesioner tahun 2011 penjualan benih total 7 mitra ialah:

1) Benih kelas GO dan G1 sebanyak 8,4 juta tonn

2) kelas G@, G3,G4 sebanyank 980 ton

30 Nilai total transaksi sebanyak 30,5 milyar

Acara berlangsung dengan tertib dan di akhiri dengan ramah tamah dan makan siang.



favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us