Kabupaten Temanggung merupakan salah satu daerah andalan penghasil bawang putih di Jawa Tengah dengan potensi lahan 6.100 ha yang tersebar di enam kecamatan yaitu: Kec. Kledung, Parakan, Bulu, Tretep, Tembarak, dan Kec. Candiroto. Varietas andalan bawang putih Temanggung adalah var. Lumbu Ijo dan var. Lumbu Kuning.
 
Pada tanggal 7 November 2017 lalu telah dilakukan tanam serempak bawang putih kegiatan APBN-P 2017 di Kabupaten Temanggung, Magelang dan Lombok Timur  oleh Kementerian Pertanian dan Pemerintah Kabupaten Temanggung yang disiarkan secara live streaming. Pencanangan tanam bersama yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian di Kabupaten Temanggung diwakili oleh Direktur Sayuran dan Tanaman Obat (Dr. Ir. Prihasto Setyanto, M.Sc) dan Bupati Temanggung (Drs. H. Mulyadi Bambang Sukarno). Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran instansi pemerintah, stakeholder, perbankan, STTP Jogjakarta, STTP Magelang, Universitas Gadjah Mada, penyuluh, dan kelompok tani.
 
Direktur STO menyampaikan, bahwa pencanangan Tanam Serempak juga disertai dengan pemberian bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) APBN-P 2017 dari Direktorat Jenderal Hortikultura kepada Pemkab Temanggung berupa Cultivator 90 unit, sepeda motor roda tiga sebanyak 4 unit, alat pascapanen 4 unit, pompa air 30 unit, dan handsprayer 1.220 unit. Pemerintah Kabupaten Temanggung berterima kasih atas terpilihnya Temanggung menjadi sentra produksi bawang putih di Indonesia, serta atas bantuan alsintan yang diberikan untuk petani ujar Bupati Temanggung (Drs. H. Mulyadi Bambang Sukarno).
 
Sumber : Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura
favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us