LEMBANG – Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kab. Wonosobo membekali petani tembakau Wonosobo, untuk belajar teknologi budidaya kentang di Balai Penelitian Tanaman Sayuran, Lembang Jawa Barat.

Menurut Kepala Dispaperkan Ir. Abdul Munir, M.Si, kegiatan pembekalan ini diberikan dalam bentuk magang selama 4 hari, mulai tanggal 24 - 27 Oktober 2017, kepada 30 petani dan 20 penyuluh pertanian untuk mendapatkan materi di Balitsa. Para petani ini datang dari berbagai wilayah di Wonosobo yang mana mereka merupakan perwakilan dari kelompok tani tembakau yang tersebar diwilayah Wonosobo. Kegiatan ini merupakan yang ke-4 yang sebelumnya telah dilakasanakan kegiatan yang sejenis.

Kedatangan rombongan disambut baik oleh Kepala Balitsa Dr. Ir. Catur Hermanto, MP dalam sambutannya beliau mengharapkan kepada peserta selepas kegiatan ini dapat terjun dibidang perbenihan. “Petani mestinya harus ada yang bergerak dibidang bisnis perbenihan kentang, karena luas lahan kentang di Wonosobo sangat luas 4000 ha”ujarnya.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta mendapatkan materi seputar teknologi budidaya kentang dari perbenihan kentang, pengendalian hama penyakit sampai pasca panen ditambah praktek dan kunjungan ke lahan kentang.

Diharapkan, petani tidak hanya mengandalkan hasil tembakau saja. Tapi, bisa menerapkan ilmu yang didapatkan saat magang untuk sumber pendapatannya.

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us