Tahapan dari proses persiapan persemaian setelah tanah dihancurkan dan disaring adalah proses pencampuran tanah yang telah halus dengan pupuk dan bahan organik atau kompos.

Badan Litbang Pertanian telah mengembangkan satu alat dan mesin pertanian yang dapat dipergunakan untuk proses pencampuran tersebut. Mesin pencampur tanah (Mixer) ini merupakan pengembangan dari mesin pencampur semen yang ada di pasaran yang selanjutnya dimodifikasi untuk pencampur tanah. BBP Mektan mengkelompokan mesin ini ke dalam alur proses penyiapan media tanam, pembibitan dan pertanaman semi mekanis.

Pengembangan mesin pencampur semen menjadi mesin pencampur tanah ini dibuat untuk memudahkan petani atau industri bibit agar mendapatkan mesin ini dengan mudah.  

Bagian utama dari mesin adalah motor listrik dan bak penampung material yang akan dicampur. Dalam pengoperasian mesin ini tanah yang sudah disaring, pupuk dan bahan organik dicampur sesuai rekomendasi dimasukkan ke dalammesin pencampur (mixer), selanjutnya dijalankan selama 5 menit. Setelah tercampur media sudah siap dipakai untuk media persemaian.

Mesin ini mengunakan sistem mekanik dengn drum berputar, mempunyai dimensi 75x65x90 cm, dengan kapasitas mesin mencapai 750-1000 kg tanah/jam. Berat mesin 75 kg, membutuhkan daya 1 HP atau 750 Watt, serta menggunakan penggerak motor listrik 1 HP, 220 W, atau 3 phase.

Mesin ini mempunyai keunggulan yaitu mudah dalam pengoperasian dan perawatan serta mudah dipindahkan tempatkan sehingga bisa mendekati lokasi/ lahan untuk persemaian. (TS, Wira)

Informasi lebih lanjut : Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us