26STTP Cinagara1

Dies Natalis STPP Bogor ke-15 tanggal 11 April 2016 mengambil tema Melalui Penerapan IPTEK STPP Bogor Berkarya Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani dibuka secara resmi oleh Wali Kota Bogor Dr. Bima Arya. Pada sambutannya Bima Arya menyampaikan bahwa sangat banyak inovasi pertanian yang kalau di link dan match kan akan berdampak untuk masyarakat dengan mengadakan pelatihan misalnya, untuk ayam KUB (Kampung unggul Balitbangtan). Beliau juga menyampaikan akan mengundang Badan Litbang Pertanian untuk mempresentasikan teknologi pemeliharaan ayam KUB di lingkungan Pemda Kotamadya Bogor. Seperti diketahui ayam KUB ini sudah tersebar di seluruh propinsi di Indonesia.

Rangkaian dari acara ini seminar, dialog interaktif, pameran, bazar, bakti sosial, dll. Pada Dies Natalis kali ini sekaligus diresmikan pendirian Pusat Lembaga Pengkajian Agribisnis Mikro dan Kecil. Sebagai lembaga penelitian STPP mendidik calon perwira usaha muda yang akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan petani. Saat ini sudah terjalin kerjasama antara STPP dengan pelaku usaha. Sampai tahun 2016 ini ada 2 fakultas di STPP Bogor yaitu Fakultas penyuluhan pertanian dan penyuluhan peternakan. Kedepan direncanakan akan menambah program studi pascapanen dan paramedik. Narasumber dalam dialog interaktif adalah Wayan Supadno, praktisi pertanian dengan judul Mengawali Agribisnis dari titik nol; Burhanuddin dengan judul Wirausahawan Bidang Pertanian dan Perannya Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan”

Acara Dies Natalis STPP Bogor ke 15 berlangsung tanggal 11-13 April 2016 menampilkan gelar teknologi STPP yang diikuti oleh Pemda Bogor, perusahaan swasta, Badan litbang Pertanian dan stakeholder lainnya. Puslitbang Hortikultura pada kesempatan tersebut menampilkan benih buah naga merah dan produk segarnya. Pemilihan komoditas buah naga pada gelar teknologi STPP Cinagara Bogor mengingat budidaya buah naga relatif sederhana tapi memberi keuntungan yang cukup besar. Sebagai gambaran pohon buah naga mulai panen pada umur 1 tahun (panen perdana). Biaya produksi per batang tanaman buah naga sampai panen perdana (benih, pengolahan lahan, pupuk, penanaman, pemeliharaan dan lain-lain) Rp. 250.000,-, pada panen keempat (umur tanaman 1 tahun 2 bulan) sudah mampu mengembalikan biaya produksi. Buah naga mampu bertahan sampai sepuluh tahun asal dirawat dengan baik dan setiap dua minggu sekali panen. (Uq).

STTP Cinagara2

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us