Serah terima benih kentang varietas Badan Litbang ke BBIK Kayu Aro

Serah terima benih kentang varietas Badan Litbang ke BBIK Kayu Aro

Serah terima benih beberapa varietas kentang Badan Litbang Pertanian kepada Balai Benih Induk Kentang (BBIK) Kayu Aro (Kamis 3 Desember 2015), Kabupaten Kerinci. Benih-benih ini merupakan hasil dari kegiatan Model Pengembangan Hortikultura Terintegrasi Ternak yang dilakukan di Kabupaten Kerinci.

Pengembangan beberapa varietas kentang di Kabupaten Kerinci ini sangat berpeluang terutama untuk vareitas-varietas kentang olahan seperti Maglia dan Amabile. Vareitas-varietas tersebut sebelumnya telah ditanam pada demplot di lokasi kegiatan. Dari temu lapang yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa varietas-varietas tersebut disukai petani karena performa tumbuhnya yang bagus dan hasil olahannya yang disukai. Selain itu pengembangan kentang olahan di Kabupaten Kerinci juga berpeluang untuk mendukung industri-industri kecil pengolahan kentang yang telah berkembang sebelumnya.

Berdasarkan diskusi yang dilakukan bersama pihak BBIK Kayu Aro dan BPSB Kebuapten Kerinci, sebenarnya BBIK Kayu Aro telah memiliki fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung pengembangan beberapa vareitas kentang Badan Litbang di Kabupaten Kerinci seperti laboratorium kultur jaringan, screen house dan gudang penyimpanan. Namun BBIK Kayu Aro belum mendapatkan legalisasi untuk dapat memproduksi G0 sendiri. Selama ini BBIK Kayu Aro hanya memperbanyak kentang dari umbi saja belum dari planlet menjadi benih kelas G1 dan G2. Untuk itu BBIK Kayu Aro berencana untuk mengirim beberapa personilnya untuk melakukan magang di Balai Penelitian Tanaman Sayuran sekaligus agar dapat memperoleh legalisasi untuk dapat memproduksi G0 sendiri dari vareitas-varietas kentang Badan Litbang yang disukai dan berpeluang untuk dikembangkan di lokasi tersebut. (Adt)

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us