Peneliti berprestasi 2015

PALEMBANG – Sejumlah empat peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran menerima penghargaan dari Presiden sebagai inovator pangan dan pertanian 2015. Penghargaan diberikan dalam kegiatan hari pangan se-dunia ke 35 di Palembang, Sabtu (17/10).

Beberapa hasil penelitian yang telah dihasilkan oleh peneliti penghargaan menjadi salah satu inovasi pangan dan pertanian 2015, yang diantaranya :

Kentang Varietas Unggul Baru untuk mendukung ketahanan pangan industri olahan, diversifikasi makanan pokok, nama varietasnya GM 05, GM 08 (kentang sayur) dan Meidans, Amabile, Maglia (Kentang olahan keripik) sebagian besar verietas yang dihasilkan telah terkomersialisasi dengan perusahaan. peneliti : Kusmana, SP.

Teknologi Produksi Biji Botani Bawang Merah/TSS (True Shallot Seed) teknologi ini merupakan salah satu terobosan teknologi yang prospektif untuk mengatasi masalah perbenihan bawang merah dan sudah berkembang dibeberapa daerah diantaranya Enrekang, Jeponto, berastagi dll. peneliti : Ir. Rini Rosliani, M. Si.

Bawang Merah Varietas Unggul Baru, untuk mendukung ketahanan pangan, varietas yang dihasilkan mampu berproduksi tinggi dan tahan terhadap anomali iklim diantaranya : Trisula, Mentes, Pikatan, Pancasona, Sembarani, Maja Cipanas dan lain sebagainya, peneliti : Ir. Sartono Putrasamedja.

Cabai Merah Varietas Unggul Baru untuk mendukung ketahanan pangan, varietas yang dihasilkan mampu berproduksi tinggi dan tahan terhadap anomali iklim diantaranya : Kencana, Ciko, Lingga, Tanjung 2 dan sebagian besar verietas yang dihasilkan telah terkomersialisasi dengan perusahaan peneliti : Ir. Yenni Kusandriani.

Diharapkan dengan penghargaan tersebut, para peneliti akan dapat lebih termotivasi dalam menciptakan inovasi teknologi pertanian yang unggul dan bernilai tambah.

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us