Generasi Muda Harus Mampu Wujudkan Modernisasi Pertanian

MAKASSAR – Peringatan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-70 merupakan momentum untuk mewujudkan kemerdekaan pangan untuk bangsa. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. M. Syakir mengatakan bahwa saat ini pertanian Indonesia telah mengalami awal kebangkitan menuju modernisasi pertanian.
Dalam mewujudkan upaya itu, lebih lanjut disampaikan Kepala Badan, Kementerian Pertanian pada tahun ini telah membagikan 26 ribu traktor, seribu traktor roda empat, 21 ribu pompa air, lima ribu transplanter dan sekitar seribu tujuh ratus combine harvester secara gratis kepada petani.
Dengan modernisasi pertanian, kedepan petani seakan tidak menginjak tanah lagi, mengolah tanah dengan traktor, menanam dengan transplanter, panen dengan combine harvester, dan untuk memasuki modernisasi pertanian tentu memerlukan sumberdaya manusia yang terampil.
“Saat ini fakultas pertanian semakin diminati, karena pertanian merupakan pilar penentu kemajuan dan kejayaan bangsa Indonesia,” ujar Kepala Badan dalam kegiatan pembinaan mahasiswa baru Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin, Rabu (19/8/2015).
Kepala Badan mencontohkan sebagian besar komoditas perkebunan Indonesia masih diekspor dalam kondisi olahan primer sehingga nilai tambahnya kurang. Hal ini memerlukan sentuhan modernisasi untuk pengolahan lebih lanjut, dan ditentukan oleh pemikir-pemikir seperti para mahasiswa.
Ditambahkan bahwa dalam 70 tahun perjalanan kemerdekaan, pertanian Indonesia masih harus bekerja keras. Dalam tataran ekonomi global persaingan tidak akan bisa dihindari dan kita harus siap menghadapinya.
“Untuk menjadi pemenang kita harus mampu mencetak alumni pertanian yang memiliki karakter petarung dan mempunyai dasar scientific kuat serta mampu menguasai pertanian secara modern,” ujar Kepala Badan.
Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis Kepala Badan juga menyerahkan bantuan alat praktek untuk fakultas pertanian Universitas Hasanuddin berupa traktor tangan, traktor roda empat dan mesin penanam padi.

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us