Tim TTP Pelaihari

Kabupaten Tanah Laut Kecamatan Pelaihari telah menjalin kerjasama dalam pengembangan pertanian dengan Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) yang dikoordinir oleh Puslitbang Hotikultura dan BPTP Kalimantan Selatan yaitu Taman Teknologi Pertanian Pelaihari, yang mengambil lokasi di desa Telaga dan desa Batilai. Di TTP Pelaihari tersebut, akan dibangun demfarm atau percontohan pengembangan komoditas padi, hortikultura (bawang merah, cabai, sayuran dan buah), serta ternak sapi yang ramah lingkungan mendukung pengembangan pertanian kecamatan Pelaihari. Demfarm akan menjadi tempat pembelajaran bagi petani desa Telaga dan desa Batilai, penyuluh dari Kecamatan Pelaihari.

Pelatihan PElaihari Bawang Merah

Pada hari Rabu, 12 Agustus 2015, dilaksanakan pembelajaran bersama peyuluh dan petani desa Telaga dan desa Batilai mengenai teknologi budidaya bawang merah dan pemasaran hasil bawang merah. Pertanaman bawang merah di desa Telaga dan Batilai termasuk pertanaman yang jarang dibudidayakan masyarakat di kedua desa. Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Laut dan Kepala BPTP Kalimantan Selatan. Pelatihan diikuti oleh penyuluh dan petani dari desa Telaga dan Batilai sebanyak 55 orang. Profesor Suwandi sebagai ahli bawang merah dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran memberikan materi dan praktek mengenai teknologi budidaya bawang merah, yaitu Pengenalan varietas unggul, metode perbenihan bawang merah, penanaman bawang merah yang spsesifik lokasi dengan desa Telaga dan Batilai yang berjenis tanah lahan kering serta pemeliharaan tanaman bawang merah sampai panen dan pasca panen. Untuk materi pengendalian hama dan penyakit utama bawang merah disampaikan oleh Ir. Ineu Sulastrini, serta sharing pengalaman dari teknisi Balitsa yaitu Bapak Arifin.

Setelah pemberian materi berkunjung ke lokasi bawang merah di Bapak Asrani yang sedang tanam seluas 400 meter di desa Batilai, pertanaman bawang merah sudah cukup baik bahkan sudah di fasilitasi dengan sprinkler sebagai irigasi untuk tanaman bawang merah. Di lapangan petani berinteraksi dan sangat aktif bertanya mengenai budidaya bawang merah.

Kunjungan Pertanaman Bp. Asrani

Sumber : Puslitbanghortikultura

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us