RITECH EXPO 2015

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kembali memprakarsai serangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke- 20. Peringatan Hakteknas dilatar belakangi oleh keberhasilan terbangnya pesawat N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 yang dibuat oleh anak bangsa dan dirintis oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi pada era itu, BJ Habibie.

Keberhasilan putra-putri bangsa dalam menciptakan karya-karya inovasi iptek kali ini dapat disaksikan dalam ajang pameran karya inovasi iptek “Research, Innovation and Technology Expo” (RITECH Expo) 2015 yang merupakan salah satu rangkaian peringatan Hakteknas ke-20. Acara ini diselenggarakan pada 7- 10 Agustus 2015 di lapangan D, Parkir Timur Senayan, Jakarta. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir membuka langsung pameran yang terbuka untuk umum ini pada Jumat, 7 Agustus.
Dalam sambutannya, M. Nasir mengungkapkan, acara ini memamerkan sejumlah teknologi dari anak bangsa yang akan menunjukkan bahwa anak bangsa ternyata mampu berinovasi. Ia juga berharap semua karya ini dapat dimanfaatkan industri Indonesia. “Jika teknologi suatu bangsa tidak maju, maka martabat bangsa itu dinilai serupa. Oleh karena itu, teknologi harus menjadi perhatian lebih oleh bangsa,” ujar M. Nasir.
Selepas memberi sambutan Menristekdikti meresmikan pembukaan Ritech Expo dengan menabuh drum dan pemotongan pita, kemudian meninjau stand-stand yang ada bersama dengan rombongan. Ritech Expo berisi puluhan stand peserta yang terdiri dari LPNK di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian/Lembaga lain, BUMN, Badan Litbang/Bappeda, Perguruan Tinggi, industri swasta dan masyarakat. Stand-stand ini terbagi dalam 3 (tiga) zona yakni zona pangan, zona energi dan zona maritim sesuai nawa cita Presiden RI, Joko Widodo.

Selain dapat melihat hasil karya anak bangsa yang dipamerkan, pengunjungpun dapat menikmati wisata edukasi dan games, berbagai hiburan, serta berkesempatan memenangkan smartphone dalam ajang Ritech Selfie Contest.

Sumber : Puslitbanghortikultura

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us