Balitbangtan Gandeng PT. BISI untuk Percepat Diseminasi

JAKARTA – Untuk mempercepat aliran diseminasi hasil inovasi teknologi khususnya di bidang perbenihan tanaman pangan, hortikultura serta pupuk hayati, Balitbangtan menggandeng PT. BISI Internasional melalui penandatanganan nota kesepahaman yang dilaksanakan pada Rabu (1/7/2015) di Balitbangtan Kantor Pusat Jakarta.
Nota kesepahaman tentang pengembangan benih tanaman pangan, hortikultura dan pupuk hayati ini ditandatangani oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Muhammad Syakir dan Direktur Utama PT. BISI Internasional Jemmy Eka Putra.
Dalam kesempatan tersebut Kepala Balitbangtan Dr. M. Syakir menegaskan bahwa tujuan utama dari nota kesepahaman ini adalah untuk percepatan penggunaan teknologi hasil balitbangtan oleh pengguna, “tujuan utama kami untuk mempercepat pencapaian pengugunaan varietas unggul balitbangtan yang diyakini mampu mendongkrak produksi dan produktivitas yang pada akhirnya mampu meningkatkan pendapatan petani” ujar kepala badan.
Setelah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman ini, dalam jangka pendek, PT. BISI Internasional akan memproduksi dan memasarkan benih padi Inbrida yang telah dilepas oleh Menteri Pertanian guna mendukung upaya khusus peningkatan produksi padi dan meningkatkan penggunaan benih bersertifikat di Indonesia.
Benih padi Inbrida merupakan domain publik sehingga dalam pemasarannya tetap menyesuaikan harga umum yang ada di pasar. “Karena publik domain, pihak manapun bisa ikut mengembangkan, kecuali produk tertentu yang disepakati dan bukan domain publik maka bisa dilisensi” tambah kepala badan.
Sementara Jemmy menambahkan bahwa PT. BISI Internasional telah siap memproduksi massal “kapasitas produksi padi kami 20 ribu ton per tahun, dan setelah kerja sama ini akan kami siapkan paling tidak 10 ribu ton dan akan kami usahakan sampai 20 ribu ton sesuai kapasitas” ujarnya. Selain target jangka pendek tersebut, Kedua belah pihak juga akan melakukan evaluasi bersama terkait varietas Padi Hibrida, Benih Tanaman hortikultura antara lain cabai dan bawang merah serta jenis tanaman potensial lainnya, yang sekiranya bisa diproduksi dan di perlukan oleh para petani

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us