PariaBuah tanaman pare (Momordica charantia L.) yang tumbuh di pekarangan memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan aneka penyakit. Khasiat tersebut, antara lain mengatasi penyakit diabetes dan asma.

Melancarkan pencernaan, menangkal sel kanker, memerangi HIV/AIDS, menurunkan berat badan, menurunkan demam pun dapat dilakukan oleh buah yang berbintil-bintil ini. Aneka khasiat tersebut yang membuat pare telah digunakan untuk keperluan pengobatan tradisional oleh masyarakat dunia dan Indonesia sejak lama.

Buah pare mengandung steroid, karantin, momordikosida, asil glikosil sterol, asam amino, dan asam fenolat. Buah pare memperlihatkan efek antidiabetes pada hewan coba yang diinduksi dengan streptozotozin. Mekanisme hipoglikemia diduga dengan berbagai mekanisme aksi.

Penyakit diabetes disebabkan karena kandungan gula darah yang sangat tinggi dan melampaui batas normal. Diabetes menjadi penyakit pembunuh nomor tiga setelah penyakit jantung dan stroke. Diabetes dapat menjangkit seluruh usia, dari anak-anak hingga orang yang sudah lanjut usia.

Buah pare bersifat hipoglikemik, yaitu menurunkan kadar gula dalam darah. Sifat ini sangat cocok untuk pengobatan diabetes tipe 2 untuk menurunkan kadar gula darah saat berlebih.

Artikel selengkapnya dapat Anda baca di Majalah Sains Indonesia Edisi 43

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us