Masa Depan Pangan Indonesia di Tangan Balitbangtan

BOGOR – Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa masa depan pangan Indonesia ada di tangan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).
Untuk itu, Mentan berharap agar Balitbangtan dapat terus meningkatkan kinerja. “Tingkatkan penelitian ke depan dan fokus,” tegas Mentan pada Rapat Kerja Balitbangtan, Jumat (5/6/2015) di Auditorium Sadikin Sumintawikarta, Cimanggu.
Lebih lanjut Mentan menyampaikan agar Indonesia dapat mulai mengurangi impor, khususnya terhadap delapan komoditas utama. Untuk itu, sesuai dengan tema Rapat Kerja Balitbangtan yakni ‘Sinkronisasi Program Litbang dalam Rangka Mendukung Akselerasi Pencapaian Swasembada Pangan’, Mentan mengungkapkan beberapa harapan kepada Balitbangtan.
Antara lain terkait padi, jagung, kedelai, tebu, sapi, bawang merah, cabai, serta alat mesin pertanian. Masing-masing komoditas agar dapat dikembangkan, serta ditingkatkan penyebaran benih maupun alsintan ke lapangan ke petani sehingga memberikan hasil tinggi dan swasembada bisa tercapai
“Buka lahan baru, beri bantuan dalam bentuk paket mulai dari lahan, pupuk, benih/bibit yang dapat memberikan hasil tinggi, traktor, sebarkan ke seluruh Indonesia” ujar Mentan.
Begitu halnya untuk alsin, Mentan ingin agar alsin hasil rekayasa Balitbangtan seperti combine harvester dapat dioptimalisasi produksi serta penyebarannya ke seluruh Indonesia untuk membantu tercapainya swasembada.
Mentan juga menyampaikan bahwa agar tercapai swasembada pangan, baik Balitbangtan maupun Kementerian Pertanian secara keseluruhan harus menghilangkan sifat egosentris sektoral.
Kesuksesan yang telah dicapai, ujar Mentan, merupakan kerja bakti bersama termasuk dengan seluruh stakeholder dan turun ke lapangan.
“Yang bisa menyelesaikan persoalan pertanian adalah turun ke lapangan,” tutup Mentan.

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us