minyak serai wangi

Seiring dengan bertambahnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap efek penggunaan pestisida sintetik, saat ini mulai banyak tuntutan terhadap proses produksi pertanian untuk mulai mempertimbangkan keamanan bagi konsumen dan lingkungan.

Salah satu teknologi alternatif yang aman sebagai pengganti pestisida sintetik adalah pemanfaatan minyak atsiri sereh wangi (Cymbopogon nardus). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri sereh wangi mampu menghambat perkembangan bahkan membunuh OPT target.

Terdapat beberapa keuntungan dalam menggunakan minyak atsiri sereh wangi, antara lain merupakan bahan alami yang mudah terurai sehingga aman terhadap lingkungan dan produk pertanian, mudah diperoleh di pasar, memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding dengan bahan pestisida sintetik, mudah dalam mengaplikasikannya.

Hama yang bisa dikendalikan oleh minyak atsiri sereh wangi antara lain penggerek buah jeruk, kutu putih, kutu dompolan, Aphid, Thrips, lalat buah, dan kutu sisik.

Cara mengaplikasikan minyak atsiri sereh wangi untuk mengendalikan hama relatif mudah yaitu campurkan minyak sereh wangi dengan perata dalam air masing-masing 2cc/l, kemudian dimasukkan dalam tangki semprot, semprotkan secara merata pada tanaman target. Penyemprotan dapat dilakukan enam hari sekali.

Informasi lebih lanjut : Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us