PKN Sumut 2015

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) memperkenalkan sari buah tomat papaya atau dikenal dengan Topey hasil tanaman pekarangan (Rumah Pangan Lestari) dalam ajang Pameran Pekan Inovasi Sumatera Utara Tahun 2015 yang dilaksanakan sejak 21 hingga 24 Mei 2015 di Sumatera Utara.

Stan pameran Balitbangtan telah secara khusus mempersiapkan pelaksanaan demo guna mengenalkan inovasi pengolahan tomat dan pepaya, jus ubi ungu dan ubi jalar sebagai hasil tanaman pekarangan untuk dijadikan sari buah atau selai.

Demo pengolahan ini diminati banyak pengunjung dan telah membuka peluang kerjasama dengan Lembaga Ekonomi Rakyat Sumut, yaitu semacam lembaga CSR bagi perusahaan.

Disamping pertanian perkotaan, Balitbangtan juga menampilkan hasil olahannya antara lain sari buah tomat-pepaya, selai nanas-terung, jus ubi ungu dan ubi jalar. Karena rasanya yang enak semakin banyak pengunjung di stan Balitbangtan.

Banyak pengunjung yang berkomentar kreatif dan inovatif dalam menciptakan sebuah teknologi untuk dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, dan karena prosesnya yang mudah banyak pengunjung tertarik untuk praktek di rumah.

Saat penutupan Pameran, Minggu (24/5/2015) Balitbangtan mendapat predikat Juara Pertama Stan Terbaik Kategori Umum pada pameran yang mengusung tema ‘Melalui Pekan Inovasi Kita Bangun Sumatera Utara di Semua Sektor’ ini.

Terkait dengan kegiatan ini, Wakil Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi mengingatkan akan berlakunya ASEAN Economic Community pada 2016. Forum ini menjadi ajang bagi para produsen agar dapat mengenalkan produk-produknya, sehingga produksi dalam negeri dapat semakin dicintai oleh masyarakat.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif, menyatukan berbagai potensi yang ada sehingga lebih indah dan produktif dalam meningkatkan daya saing provinsi Sumatera Utara.

Informasi Terkait :

Teknologi Penanganan Pascapanen Buah untuk Pasar

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us