Varietas Balitsa Tahan Iklim

Varietas bawang merah (Trisula, Bima, Sembrani) dan cabai (Kencana) adaptif terhadap perubahan iklim

Indonesia Climate Change Education Forum and Expo kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan. Pameran dan juga seminar yang berisi tentang upaya perbaikan perubahan iklim tersebut digelar dari tanggal 14 – 17 Mei 2015 yang dibuka pukul 09.30 WIB sampai 17.00 WIB. Tema yang diusung untuk tahun kelima kali ini adalah “Penguatan Pembangunan Rendah Emisi untuk Masa Depan Berkelanjutan “.

Berbagai kegiatan seperti pameran, seminar, serta pentas seni dan juga edukasi digelar selama empat hari dalam acara tersebut yang diikuti berbagai lembaga yang bergerak di bidang lingkungan serta perusahaan yang peduli akan lingkungan. Kegiatan ini merupakan kerja sama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia dan juga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Puslitbang Hortikultura pada pameran tersebut manampilkan benih cabai (Kencana) dan bawang merah (Bima Brebes, Sembrani, Trisula, Pancasona) yang adaptif terhadap perubahan iklim. Disamping itu untuk mengurangi polusi udara juga diperkenalkan tanaman hias yang berfungsi sebagai penyerap polutan seperti lidah mertua, lidah buaya, spider plant, sirih gading dan lain-lain). Tanaman hias ini mudah didapatkan dan pemeliharaannya juga sederhana sehingga diharapkan dapat mendorong setiap rumah tangga untuk menanamnya Guna mengurangi tingkat erosi akibat derasnya air hujan, Puslitbang Hortikultura juga memperkenalkan sayuran indigenous rambat (labu botol, roay, labu parang) dimana daunnya yang menutup rapat permukaan tanah mampu berfungsi sebagai penahan tetesan air hujan. (Uq, Jumat 15 Mei 2015)

Tanaman Rambat Saayuran Idigenouse

Tanaman rambat sayuran indegenous (labu botol, roay, dan labu parang) sebagai penahan derasnya air hujan sehingga dapat mengurangi erosi


Sumber : Puslitbanghortikultura

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us