Intentifikasi untuk pertanian berkelanjutan

BOGOR – Tantangan pertanian kedepan dihadapkan pada permasalahan yang sangat kompleks, oleh karena itu untuk memenuhi meningkatnya permintaan akan pangan, pakan, energi dan serat, sistem pertanian harus menjadi lebih produktif dan berkelanjutan. Hal ini dibahas dalam Roundtable Discussion on Sustainable Agricultural Intensification yang diselenggarakan oleh Balitbangtan bekerjasama dengan Bank Dunia pada Rabu (29/4/2015) di Bogor.
Kepala Balitbangtan yang diwakili oleh Sekretaris Badan Dr. Agung Hendriadi pada pembukaan acara mengatakan bahwa sistem pertanian harus dibuat lebih berkelanjutan, tidak hanya dari perspektif ekonomi, tetapi juga dilihat dari sudut pandang lingkungan, sosial dan institusional. “Oleh karena itu, saat ini waktunya untuk berpikir ulang mengenai peranan sektor pertanian dalam agenda pembangunan berkelanjutan, khususnya peranan intensifikasi yang berkelanjutan dalam pencapaian swasembada pangan berkelanjutan” ujarnya.
Sekretaris Badan menambahkan bahwa tujuan utama dari intensifikasi berkelanjutan ini adalah untuk meningkatkan produksi pangan dari lahan pertanian yang tersedia dengan meminimalkan pengaruhnya pada lingkungan. Diskusi ini sendiri dimaksudkan untuk mengidentifikasi strategi riset yang mendukung produktifitas pertanian Indonesia dalam jangka panjang.
Sementara, Paul van Hoven Wagen dari Bank Dunia mengatakan bahwa salah satu upaya membangun pertanian berkelanjutan adalah dengan membangun suatu manajemen pengelolaan sumber daya lahan secara terpadu. Tercakup didalamnya antara lain pemulihan lahan pengkonservasi air, pembenahan tanah dan minimalisasi gas rumah kaca, penghutanan kembali lahangundul dengan tanaman tahunan yang mampu menangkap air, perlindungan habitat alami, serta integrasi lahan dan ternak yang ramah lingkungan

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us