Mengendalikan Lalat Buah pada Cabai Rawit dengan Cara yang Sehat

Pada tanaman cabai rawit, seringkali ditemukan buah yang rontok dan membusuk, baik sebelum masak maupun sesudah masak. Kadang kala cabai rawit berwarna cokelat kehitaman atau agak menguning dan pada bagian tertentu dari kulit buah cabai ditemukan bintik hitam yang berukuran sangat kecil. Hal ini menandakan bahwa buah cabai tersebut telah terserang oleh hama lalat buah.

Secara ekonomis beberapa spesies lalat buah merupakan hama penting yang berasosiasi dengan berbagai buah-buahan dan sayuran tropika. Serangan hama lalat buah dapat mengakibatkan produksi dan mutu buah menjadi rendah, bahkan dapat mengakibatkan gagal panen. Jenis lalat buah yang menyerang cabai rawit ialah Bactrocera cucurbitae.

Gejala serangan pada buah yang terserang lalat buah ditandai dengan adanya noda-noda kecil bekas tusukan ovipositor. Kerusakan pada daging buah bagian dalam tidak dapat dilihat, karena permukaan tetap mulus. Namun, apabila buah cabai dibelah, maka akan terlihat biji-biji berwarna hitam, daging buah busuk, lunak dan ada belatung yang merupakan larva lalat buah.

Untuk mengendalikan hama lalat buah yang ramah lingkungan dapat dilakukan dengan beberapa cara yakni pengendalian secara kultur teknis, pengendalian secara fisik/mekanis, dan pengendalian secara biologi.

Adapun alternatif terakhir cara mengendalikan lalat buah adalah dengan pengendalian secara kimia yaitu dapat dilakukan dengan cara pengabutan/pengasapan (fogging) dan pencampuran insektisida dengan zat penarik (atraktan) maupun food atraktan (tertarik dengan makanan).

 

 

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us