Formula sanitizer dihasilkan dari penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Balai Besar Litbang Pascapenen untuk mengatasi permasalahan tingginya tingkat kontaminasi mikroba dan residu pestisida pada sayuran segar. Formula sanitizer dihasilkan dari penelitian yang diawali dengan penelitian untuk mengetahui mutu dan keamanan pangan sayuran segar pada tahun 2004 dan 2005. Sayuran segar ini banyak dikonsumsi dalam keadaan segar sebagai lalapan maupun juice, dengan pengolahan minimal seperti dicuci dengan air bersih. Berdasar hasil penelitian tim peneliti BB. Litbang Pascapanen pada sayuran segar kontaminan mikroba dan residu pestisida masih tinggi. Aplikasi sanitizer diutamakan untuk menghilangkan kontaminan mikroba dan residu pestisida pada sayuran segar yang dikonsumsi sebagai lalapan serperti sayuran daun selada, sayuran buah seperti tomat dan sayuran umbi seperti wortel. Sanitizer dapat menghilangkan kontaminan mikroba pada sayuran segar hingga 99,95%, menghilangkan mikroba patogen seperti Escherichia coli, dan Salmonella hingga 100%. Formula tersebut dapat pula menurunkan tingkat kontaminan residu pestisida hingga 3,32%.

Formula sanitizer terbuat dari bahan-bahan yang digunakan pada dosis yang aman. Disamping memiliki efekktifitas yang tinggi dalam menghilangkan kontaminan mikroba dan residu pestisida, sanitizer memiliki keunggulan antara lain: tidak merusak penampilan sayuran serta tidak menghilangkan flavour dari sayuran segar. Pada saan aplikasi sanitizer sebagai pencuci tidak menghasilkan perubahan fisik air pencuci sayuran segar seperti tidak merubah warna air dan tidak menghasilkan busa. Penggunaan sanitizer dapat menekan kerusakan sayuran segar oleh mikroba yang menyebabkan kebusukan pada sayuran. Dari aspek aplikasi di lapangan penggunaan sanitizer sebagai bahan pencuci sayuran segar sangat sederhana dan cepat. Biaya penggunaan sanitizer sangat murah. Penggunaan sanitizer tersebut sangat direkomendasikan di unit usaha pengemasan sayuran segar (Packing House Operation/PHO) untuk konsumsi supermarket, hotel, restoran, Sub Terminan Agribisnis/STA yang mengolah dan mengemas sayuran untuk dipasarkan di supermarket, rumah makan, hotel-hotel sebagai konsumennya. Sanitizer juga dapat digunakan pada skala rumah tangga untuk mencuci sayuran segar untuk konsumsi segar sepeti untuk lalapan, dan juice (sayuran maupun buah-buahan tanpa kupas).

Cara penggunaan sanitizer
Cara penggunaan sanitizer adalah sebagai berikut; sayuran segar (sayur daun misalkan: kubis, selada, kangkung dll, sayuran buah: tomat, timun, kacang panjang, dll, sayuran umbi: wortel, bit, dll) telah disiapkan. Sayuran segar dicuci air bersih (air ledeng/air). Setelah dicuci sayuran segar direndam dalam sanitizer. Sayuran diangkat dan dibilas dengan menggunakan air bersih, ditiriskan dan siap untuk dikemas.
Penggunaan formulasi sanitizer untuk menurunkan kontaminan mikroba dan kontaminan residu pestisida tergantung pula pada lama waktu kontak sayuran yang terkontaminasi mikroba dan residu pestisida dengan sanitizer. Waktu kontak yang optimal antara sanitizer dengan sayuran segar untuk menghilangkan kontaminan mikroba dan kontaminan residu pestisida adalah 3,5 – 4 menit.
Gambar 2. Aplikasi sanitizer di (2a) laboratorium dan (2b) di STA Pacet

Informasi lain terkait dengan perkembangan aplikasi sanitizer dimasyarakat adalah bahwa formula sanitizer telah diujicoba penerapannya di Sub Terminal Agribisnis/STA di Pacet bekerja sama dengan Dinas Pertanian Cianjur, Jawa Barat. Formula saniter telah didaftarkan untuk memperoleh PATEN ke Ditjen HAKI pada tahun 2006.

Kontak Person:
Ir. Misgiyarta MSi
Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian
Jl. Tentara Pelajar 12 Bogor.
Telp/Faks. 0251-8321762, HP. 08128062196 E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us