Ozonisasi

Ozon merupakan desinfektan yang kuat, beberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa hanya dengan konsentrasi yang rendah (kurang dari 0,5 mg/liter) sudah dapat membunuh mikroorganisme dalam air, bahkan ozon juga dapat mensterilkan air. Konsentrasi ozon 0,02 mg/l dapat bersifat racun bagi Eschericia Coli dan Streptococcus facealis.
Ozon mampu meluruhkan kontaminasi pestisida dan bakteri serta logam berat yang menempel pada permukaan buah atau sayur, sehingga aman dikonsumsi bagi kesehatan. Air yang mengandung ozon dapat mencuci buah dan sayuran agar steril tanpa menghilangkan warna, aroma, dan tidak mengurai senyawa organik yang terkandung dalam bahan pangan, sehingga mampu memperpanjang umur kesegaran. Perlakuan ozonisasi terhadap buah tomat terbukti dapat memperpanjang umur kesegaran tomat sampai 3 minggu.
Perlakuan air berozon sangat efektif dalam mengurangi populasi mikroba dan dapat meningkatkan umur simpan seledri potong dan letus. Ozon dengan konsentrasi 0,4 ┬Ál/l dapat memperbaiki kualitas dan memperpanjang umur simpan brokoli dan mentimun pada suhu penyimpanan 3oC.
Ozon dengan konsentrasi 0,15 ppm dapat menjaga kekerasan buah kesemek di atas batas nilai komersial setelah disimpan 30 hari pada suhu 15oC dan kelembaban relatif 90% dapat memperpanjang umur simpan. Penyimpanan dengan ozon dapat menekan perkembangan jamur pada blackberries selama 12 hari dimana 20% buah tanpa perlakuan ozon tampak busuk.
Berdasarkan justifikasi parameter dan perlakuan menunjukkan bahwa perlakuan yang terbaik terhadap kubis bunga yaitu konsentrasi ozon 1,5 ppm dengan berdaun pada penyimpanan suhu dingin. Daun dapat melindungi dari benturan, terlindung dari kotoran atau debu, mengurangi penguapan dan menjaga kesegaran.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ozonisasi merupakan proses yang aman dan menjanjikan untuk memisahkan residu pestisida yang diuji dari permukaan sayuran pada tingkat terbatas.


Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :


Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura


Jl. Ragunan No.29A, Pasar Minggu
Jakarta Selatan 12540 - DKI Jakarta
Telp : 021 - 7805768, 7805135 Fax : 021 - 7805135

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
https://hortikultura.litbang.pertanian.go.id/

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us