Mou Pengembangan Inovasi Pagar Alam

PAGAR ALAM – Inovasi Teknologi mempunyai peran penting dalam memecahkan masalah dan tantangan dalam berbagai bidang, salah satunya bidang pertanian. Hal tersebut disadari oleh Walikota Pagar Alam, Sumatera Selatan dr. Ida Fitriati B, M.Kes yang menggandeng Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) untuk ikut membantu mengembangkan potensi pertanian di Kota Pagar Alam. Kerjasama ini diwujudkan dengan dilaksanakannya penandatanganan nota kesepahaman tentang pengembangan inovasi pertanian di Kota Pagar Alam. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Balitbangtan Dr. Haryono dengan Walikota Pagar Alam pada Kamis (26/2/2015).
Nota kesepahaman ini bertujuan untuk mengembangkan potensi sumber daya yang terdapat di Kota Pagar Alam dengan menerapkan dan mengadopsi hasil inovasi teknologi Balitbangtan. Balitbangtan telah siap membantu hilirisasi hasil litbang pertanian melalui logistik dan produk agro inovasi untuk dapat segera dimanfaatkan di lapang. Untuk lebih mendekatkan hasil inovasi teknologi pertanian di lapang, Kepala Balitbangtan juga telah menetapkan Kota Pagar Alam sebagai salah satu Laboratorium Lapang Balitbangtan.
Sebagai tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman itu, akan segera disusun naskah perjanjian kerjasama teknis yang meliputi bidang pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan, alat mesin pertanian dan sumberdaya lahan. Beberapa isu yang akan segera digarap antara lain komoditas kopi dan pembuatan peta Zona Agro Ekologi (AEZ) menurut kesesuaian lahan di Pagar Alam.
Adanya nota kesepahaman ini sekaligus sebagai tindak lanjut dari kunjungan tim Balitbangtan yang pernah diundang oleh Walikota Pagar Alam pada akhir 2014 untuk membantu menggali potensi dan permasalahan yang ada dalam pengembangan pertanian di Kota Pagar Alam, sehingga dapat memberikan opsi-opsi peningkatan kinerja pengembangan pertanian di kota tersebut.

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us