EbookBuku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan dan gambaran dari ide, imajinasi dan pikiran seseorang.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mempengaruhi penerbit dalam mengembangkan inovasi terbitannya. Salah satunya adalah keberadaan buku elektronis atau disebut juga dengan E-book dengan berbagai aplikasi cara pembuatannya.
Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) menerbitkan petunjuk teknis pembuatan e-book. Aplikasi pembuatan e-book dalam petunjuk teknis ini menggunakan aplikasi Flipping Book. Petunjuk teknis ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pustakawan dalam membuat e-book untuk memperkaya koleksi elektronis perpustakaan.
E-book secara fisik tidak memerlukan tempat penyimpanan besar seperti halnya rak buku. Hal ini karena buku elektronis tersimpan dalam bentuk file. Pada umumnya e-book dibuat dalam format pdf file.
Fenomena e-book harus disikapi secara positif dan menjadi perhatian para pengelola perpustakaan. Perpustakaan tidak hanya dapat melanggan atau membeli e-book, tetapi dapat juga membuat sendiri koleksi e-book yang bersumber dari publikasi atau terbitan instansi induknya. Koleksi ini dapat digunakan dalam kegiatan diseminasi informasi pertanian.
Tahapan pembuatan materi diseminasi dengan media ebook ini dapat diunduh di Petunjuk Teknis (Juknis) Seri Pengembangan Perpustakaan Pertanian No 56.
Juknis ini dapat diakses secara gratis di situs web Pustaka.
Informasi lebih lanjut : Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us