Penghargaan AKILKekayaan Intelektual yang dihasilkan dari para peneliti Balitbangtan mendapat penghargaan Anugrah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) dari pemerintah. Empat Penghargaan yang diserahkan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di Jakarta (16/12) tersebut adalah Kategori Paten 1 orang yang diraih Prof.Dr. Sri Widowati dan Kategori Perlindungan Varietas Tanaman 3 orang yang diraih Dr. Muhamad Azrai, Dr. Sudarmadi Purnomo dan Prof.Dr. Astanto Kasno.
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengatakan bahwa pemberian anugrah bagi penghasil AKIL ini penting agar tercipta budaya masyarakat yang menghargai karya intelektual, dan menumbuhkan budaya kreatif dan inovatif di kalangan peneliti, dosen dan masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing nasional. Disamping itu juga sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas invensi dan kreasinya dengan segala keterbatan yang ada. “Bukan hanya itu aja, putra-putra terbaik bangsa ini juga telah membarikan kontribusi bagi kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nasional serta akan mempunyai dampak ekonomi yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat”, tegasnya.
Lebih jauh dijelaskan bahwa Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi merasa bangga dengan prestasi yang diraih oleh 15 pemenang. Anugrah ini hanya dapat diraih oleh mereka yang menghasilkan karya yang luar biasa. Saya yakin sekali masih banyak insan Indonesia yang berhak mendapat anugrah bergensi ini. Dalam kesempatan ini saya berharap agar kepada para pimpinan lembaga penelitian untuk memacu para penelitinya untuk meningkatkan prestasi supaya keikutsertaan di ajang kompetisi seperti ini semakin marak di tahun-tahun mendatang, ucapnya.
Ada empat kategori pemberian penghargaan AKIL tahun 2014 yaitu Kategori Paten, Kategori Perlindungan Varietas Tanaman, Kategori Hak Cipta di bidang ilmu pengetahuan dan Kategori Industri hak cipta karya seni rupa, karya seni pertunjukan dan permainan interaktif. Masing-masing pemenang mendapatkan penghargaan berupa Piagam, Plakat Anugrah AKIL dan uang tunai sebesar Rp. 250 juta.

 

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us