Kunjungan Irjen KemenluBANDUNG – Inspektorat Jenderal Kementerian Luar Negeri melakukan kunjungan ke Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang, Bandung, Sabtu (8/11/2014). Kunjungan tersebut untuk memberikan bekal kepada para Auditor, Calon Konsul, Konsul Jenderal dan Pejabat Dinas Luar Negeri yang segera akan menjadi perwakilan RI.
Inspektur Jenderal Kemenlu M. Ibnu Said mengatakan bahwa bagi calon Konsulat maupun Pejabat Dinas Luar Negeri agar mampu menyebarkan hasil pembangunan pertanian, khususnya dalam bidang penelitian dan pengembangan pertanian agar investor dari negera dimana saudara bertugas dapat tertarik berinvestasi di wilayah RI.
Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti) Dr. Muhammad Prama Yufdy mengatakan bahwa Balitsa bertanggungjawab dalam menciptakan varietas unggul sayur-sayuran seperti cabai, kentang, bawang merah yang setiap saat dibutuhkan oleh ibu-ibu rumah tangga.
Kepala Balitsa Dr. Liferdi juga memaparkan bahwa sebagian besar kentang yang beredar di pasaran, benihnya merupakan hasil penelitian dari Balitsa. Ada dua jenis kentang, yaitu kentang untuk sayur, dan kentang untuk prosesing (keripik, dan kentang unuk restoran cepat saji).
Demikian juga untuk bawang merah, sebagian besar benih bawang merah sudah dipenuhi dari benih hasil Balitsa, bahkan saat ini Balitsa telah menemukan perbanyakan benih bawang merah dari biji, yang selama ini masyarakat memahaminya bahwa menanam bawang merah melalui umbinya. “Penanaman bawang merah melalui biji, lebih efisien dan memudahkan pengiriman/transportasi,” jelas Kepala Balitsa.
Selain calon Diplomat, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Pejabat Dinas Luar Negeri yang akan memasuki masa pensiun untuk lebih memahami berbagai macam hasil pembangunan pertanian, khususnya dalam bidang penelitian dan pengembangan pertanian.

 

Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us