HPS 1 2014

Kementerian Pertanian menggelar peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2014 di Makassar, Sulawesi Selatan. Perhelatan yang sudah berumur 34 tahun ini bertujuan untuk membangun kembali semangat para petani untuk bekerja lebih baik lagi ke depannya.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan akan terus memperkuat hortikultura Indonesia dengan menambah pekerja di lapangan agar industri tani semakin tumbuh.

"Kalau berbicara masalah peningkatan pangan, sebaiknya harus meningkatkan hortikultura sebagai contohnya. Ke depan kita perlu banyak industri supaya value lebih tinggi," kata Amran saat meninjau lokasi HPS 2014, di Taman Maccini Sombala, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (4/11) malam.

Adapun pembangunan industri yang dimaksud oleh Amran adalah pembangunan industri kecil hortikultura dari desa, bukan malah segala industri selalu dimulai dari kota.

"Karena pertanian sekarang rata-rata 1 hektar 7 orang petani. Pendapatannya (petani) kalau mau naik perlu digeser ke industri, small, industri kecil-kecil. Kita bangun industri dari desa. Kayak kripik lah, pisang jadi kripik. Itu lah harapan ke depan kedaulatan pangan kita."

"Kedaulatan pangan khusus padi, jagung, kedelai. Ada program 3 tahun sampai 4 tahun. Kita berharap swasembada kita capai," imbuh Arman.

Perhelatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2014 ini akan digelar selama 6 hari, dimulai besok 6 November hingga 11 November di seluruh area Taman Maccini Sombala. Pembukaan HPS rencananya akan dipimpin langsung Amran Sulaiman didampingi beberapa pejabat tinggi Kementerian Pertanian. Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana dikabarkan juga akan hadir untuk langsung meninjau ke lokasi.


Sumber : https://www.merdeka.com

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us