BrokoliBROKOLI SAYURAN BERKHASIAT OBAT
Brokoli merupakan salah satu komoditas sayuran dataran tinggi yang ampuh mencegah Alzhiemer, ialah penyakit pikun pada masa tua. Brokoli yang mengandung banyak vitamin dan mineral,adalah salah satu jenis sayuran yang bisa mengatasi penyakit itu. Juga dapat mencegah Kanker Prostat, selain itu mengonsumsi brokoli setiap hari dapat mencegah terjadinya kerusakan jantung,atau yang dikenal dengan jantung koroner. Sayuran ini dimasak dalam waktu singkat agar Vitaminnya tidak rusak dan warnanya tetap menarik.
Menurut Herbalis, dr.Prapti Utami, Konsultan dan penulis buku Terapi dengan Tanaman obat, brokoli juga berguna untuk kecantikan. Vitamin A pada brokoli mengandung anti oksidan (penangkal radikal bebas) yang dapat menghambat dan memperlambat penuaan pada kulit. selain itu secara bersamaan brokoli juga melindungi kulit dalam mata,menjaga dan meningkatkan kepekaan panca indra.
Brokoli makanan alternatif bagi orang – orang yang tidak ingin pikun pada masa tuanya. Menurut peneliti dari Royal Pharmaceuticalsociety Amerika yang membuktikan brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat – obat an bagi penyakit Alzeheimer. Menurut Propesor Dipakdas dari Universitas Conecticurs, didalam brokoli terkandung zat sulfaraphane yang efektif untuk mencegah kerusakan pada jantung. Brokoli sebaiknya direbus sebentar,agar zat – zat didalamnya dapat bekerja efektif dan tidak hilang.
Sebaiknya digalakan makan brokoli pada anak – anak dan orang dewasa.
Namun demikian kalau brokoli dibudidayakan dengan tidak ramah lingkungn,“bukannya berkhasiat bagi tubuh ,malahan berbahaya bagi kesehatan tubuh kita”
Sekarang ini, bagaimanapun juga, produksi bahan pangan secara organik menjadi relatif lebih mahal. Persoalan penggunaan senyawa kimia sintetik pada bidang pertanian melibatkan aspek ekonomi dan etika. Haruskah kita teruskan memproduksi pangan yang murah dan berlimpah dengan zat kimia sintetik dan masa bodoh terhadap masalah yang mungkin muncul, atau haruskah kita melakukan budidaya tanaman tanpa zat kimia sintetik berbahaya tetapi dengan menerima kenyataan bahwa harga bahan pangan akan lebih mahal?
Membudidayakan Brokoli dengan bijaksanya menggunakan pupuk Organik dan Pestisida Organik, yang bahan-bahannya diambil dari alam.
Persiapan Sebelum memulai Budidaya Brokoli sehat dan ramah lingkungan ,kita harus mempersiapkan dulu : 1. pupuk organik, 2. pestisada organik dan 3. Pupuk organik Cair organik sebagai zat pengatur tumbuh.
Menurut pengalaman penulis Brokoli ini memerlukan ramuan khusus dalam pembuatan pupuk dan pestisida organik nya, sebab Brokoli yang di hasilkan adalah kumpulan bunga yang bergerombol di atas, sehingga hama mudah masuk dan berlindung didalamnya.
Dalam teknik budidayanya memerlukan lebih banyak unsur hara P dan K di banding sayuran lain yang di panen daunnya. Juga memerlukan penanganan khusus dalam perlindungan tanamannya, sebab banyak sekali ulat-ulat yang kecil –kecil siap menyerang kumpulan bunga sebagai inti tujuan produksi.
Dalam pembuatan pupuk organik untuk brokoli ini diperlukan bahan-bahan sebagai berikut :
- Daun Conprey dan kirinyuh (ini mempunyai kandungan unsur hara P yang tinggi)150kg,
- Limbah panen jagung 400 kg, pupuk kandang 300 kg, arang sekam 100 kg, dedak 50 kg, EM 4 250 CC ,Molase 250 CC, - Air 50 liter atau secukup nya.
Alat yang diperlukan berupa : mesin coper untuk menggiling limbah jagung dan kirinyuh, sekop, cangkul, tempat penanpungan, karung goni.
Cara membuatnya :
Masukan limbah jagung,kirinyuh dan conprey kedalam mesin coper yang sudah menyala, cara menggilingnya di selang seling antara kirinyuh limbah jagung dan conprey supaya dalam proses pengadukan tidak lengket. Sambil menunggu selesai menggiling bahan baku , larutkan EM-4 dan molase kedalam air Campurkan dengan dedak secara merata , campurkan bahan baku hasil gilingan dengan pupuk kandang, campur lagi dengan dedak yang tadi,kandungan air adonan 30 %, bisa di tes dengan cara di kepal air tidak keluar dari adonan, dan apabila kepalan dilepas adonan akan megar. Adonan digundukan diatas ubin atau tanah kering yang terlindung dengan ketinggian 15 – 20 cm kemudian tutup dengan karung goni. Perlu di perhatikan jika tinggi gundukan lebih dari 20 cm akan mengalami proses pembusukan dan jadi lengket sehingga susah dalam proses pembalikan. Pertahankan suhu gundukan 40 -50 oC, jika terlalu panas buka penutup karunggoni tadi dan lakukan pengadukan.
Setelah 4- 7 hari proses pembuatan pupuk organik untuk brokoli selesai dan siap digunakan untuk penanaman brokoli seluas kurang lebih 1000 m2 dengan bibit 1 amplop.
Pembuatan Pestisida Organik untuk Brokoli
Bahan yang diperlukan untuk pembuatan Pestisida organik ialah :EM-4 100 CC, Molase 100 CC, Alkohol 40% 100 CC, Cuka makan 100 CC, Air cucian beras yang kental 1 liter, jahe,lengkoas,kencur, kunyit temulawak masing-masing satu jari jempol tangan, sereh yang besar 2 batang, bawang putih 10 siung, bawang merang 10 siung daun nimba/mindi 1 kg, daun babadotan 1 kg , brotowali 10 cm.
Cara membuatnya :
Semua bahan rempah-rempah ditumbuk sampai halus, masukan air beras, masukan bahan lain secara berurutan, mulai dari cuka makan,Alkohol, molase dan terakhir EM-4 , lalu aduk secara merata.
Masukan kedalam jerigen tertutup, kocok setiap pagi dan sore. Buka tutup Jerigen/ tutup jerigen pakai selang kecil untuk membebaskan gas yang terbentuk selama proses permentasi berlangsung. Setelah kurang lebih 15 hari, pengocokan dihentikan. Atau setelah tidak ada gas yang terbentuk. Biarkan lagi selama 7 hari, baru Pestisida Organik Bisa digunakan. Dosis penggunaan 2 CC/liter air, disemprotkan pada sore hari menjelang matahari terbenam, atau sebaiknya pada malam hari. Sebab pada waktu itu hama serangga penyerang brokoli mulai beraktifitas.
Khasiat pestisida Organik ini untuk menekan dan mencegah serangan hama dan penyakit, caranya di semprot 3 hari sekali atau bisa juga disiramkan untuk mencegah serangan ulat tanah.
Penulis : Saeful Hodijah,S.ST Penyuluh

 

Sumber : Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us