KirinyuhTumbuhan ini merupakan perdu yang tumbuh tegak dan bercabang banyak. Tinggi tumbuhan E. odoratum 2-6 m. Diameter batang E. odoratum sekitar 2 cm (Heyne, 1987). Daun tunggal, berhadapan, bulat telur, tepi bergerigi, ujung dan pangkal runcing, permukaan berbulu halus pertulangan menyirip, berwarna hijau muda dengan panjang 4-5 cm dan lebar 1-1,5 cm, serta bertangkai pendek. Bunga majemuk, malai, tumbuh di ujung batang, kelopak bentuk lonceng dan mahkota bunga berbentuk jarum. Buah kecil, berbulu coklat kehitaman dengan biji berbentuk jarum, kecil dan berwarna hitam.
Klasifikasi Tumbuhan ini Divisi : Spermatophyta, Sub Divisi: Angiospermae, Kelas : Dicotyledonae, Bangsa : Asterales, Suku : Asteraceae/Compositae, Warga : Eupatorium, Jenis : Eupatorium odoratum.

Ciri – cirinya Tanaman tahunan. Berbentuk semak belukar dengan tinggi dapat mencapai 6 – 8 m. Letak daun berhadapan, merah kecoklatan. pada waktu muda dan mengeluarkan aroma bila diremas. Bunga seragam mempunyai jumlah 20 – 35 buah.

Penyebaran : Tumbuhan ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Di Indonesia, pertama kali dikenal pada tahun 1934 di Lubuk Pakan. Sumatera Utara dan sekarang menyebar di seluruh Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua.
Habitat : Kirinyuh tumbuh di berbagai jenis tanah pada ketinggian 50 – 1000 m dpl. Kandungan kimia terdapat pada Kirinyuh mengandung senyawa tanin, polifenol, kuinon, flavonoid, steroid, triterpenoid, monoterpen, dan seskuiterpen flavonoid, tanin, dan steroid. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun.
Cara kerja :
1. Bersifat sebagai bakterisida dan insektisida
2. Penghambat makan (antifeedant)

3. Khasiat lain adalah untuk penyembuhan luka dan menghambat kanker

Metode pembuatan:

Bahan dan Alat :

Ekstrak daun,

400 g daun kering

10 liter air sabun/ ditergen

Alat Menggunakan Panci, ember 10-15 ml.

Cara pembuatan : didihkan daun dalam air selama 10 menit. Dinginkan, kemudian saring.

Cara Kerja : Semprotkan ke seluruh bagian tanaman yang terserang pada pagi atau sore hari.

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us