Daftar Pestisida yang terdaftar dan diijinkanKubis dan kentang merupakan komoditas hortikultura yang bernilai ekonomi tinggi. Dalam budidaya kedua komoditas tersebut, banyak kendala yang dihadapi dan salah satu di antaranya ialah serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), yang mengakibatkan kehilangan hasil yang cukup serius. Pada umumnya petani mengandalkan penggunaan pestisida secara intensif untuk mengatasinya. Dalam daftar pestisida yang diterbitkan oleh Komisi Pestisida, Kementerian Pertanian, tercatat ratusan jenis pestisida yang terdaftar dan diijinkan untuk mengendalikan OPT pada budidaya kubis dan kentang.

Penggunaan pestisida yang berbahan aktif dan cara kerja yang sama secara terus menerus dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah seperti terjadinya resistensi OPT terhadap pestisida yang digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut harus diterapkan program pengelolaan resistensi OPT terhadap pestisida. Salah satu taktik yang dilakukan ialah melakukan rotasi penggunaan pestisida berdasarkan cara kerja yang berbeda yang telah ditetapkan oleh IRAC (Insecticide Resistance Action Committee) dan FRAC (Fungicide Resistance Action Committee).
Buku ini menyajikan daftar pestisida yang terdaftar dan diijinkan oleh Komisi Pestisida, Kementerian Pertanian untuk mengendalikan OPT pada budidaya kubis dan kentang disertai dengan nama bahan aktif dan kode cara kerjanya. Tujuannya ialah untuk membantu petani atau praktisi pertanian dalam memilih pestisida untuk pergiliran. Semoga buku ini bermanfaat bagi pengguna dalam rangka penerapan pengelolaan resistensi OPT terhadap pestisida.

 Download Buku...

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us