AFACI 1

Indonesia merupakan Negara berkembang dengan pertumbuhan ekonomi makro yang cukup baik terlihat dari meningkatnya taraf ekonomi warga negaranya. Workshop regional AFACI yang dilaksanakan setiap tahun, pada tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan tersebut. Bertempat di pulau dewata Bali Rabu tanggal 20 Agustus 2014 kemaren, workshop yang di hadiri oelh 11 ahli dari Negara 11 negara anggota Asian Food and Agriculture Cooperation Initiative ( AFACI ) yaitu Indonesia, Bangladesh, Cambodia, Lao LDR, Mongolia, Nepal, Philippines, Sri Lanka, Thailand, Vietnam serta secretariat AFACI Korea Selatan.

Kegiatan AFACI regional Project “Development of Locally-Appropriate GAP Programmes and Agricultural Produce Safety Information System in Indonesia” telah dilaksanakan selama tiga tahun. Pada tahun pertama (2012/2013), disamping telah dilaksanakan survey awal serta workshop para pakar yang terkait dengan GAP ( Good Agricultural Pratices ) – SOP ( Standar OPerasional Prosedur ), dilakukan juga pengumpulan status implementasi GAP – SOP di Indonesia.

Dari kegiatan awal tersebt dipilih komoditas utama hortikultura yaitu cabai di Ciamis dan mangga di Cirebon untuk dilakukan revisi GAP – SOP dengan memasukkan teknologi dari Badan Litbang Pertanian. Pada tahun kedua (2013/2014) kegiatan di fokuskan pada dilakukannya survey terhadap petani yang menggunakan GAP-SOP dan petani yang tidak menggunakan GAP-SOP, selain itu diadakan juga pertemuan regional dimana dipresentasikan status pelaksaksanaan GAP-SOP disetiap Negara dan berbagai permasalahan yang terkait dengan Implementasinya. Pada Tahun ketiga ( 2014/2015) akan dilakukan pembuatan demplot cabai di Ciamis untuk memverifikasi teknologi Badan litbang Pertanian.

AFACI 2

Kegiatan Workshop ini diharapkan dapat memiliki dampak yang cukup besar bagi kemajuan budidaya hortikultura di Indonesia melalui penerapan GAP-SOP. Hal ini juga bermanfaat bagi peneliti serta petani Indonesia melalui pertukaran informasi seputar pertanian, teknologi pertanian, hama dan penyakit sehingga akan meningkatkan efisiensi pada proses produksi hingga distribusi, juga meningkatkan mutu serta keamanan dari hasil pertanian Indonesia
Sumber: Puslitbanghorti

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us