Samb. Ka.Balai

Kepala Balitsa Dr. Liferdi, SP.,M.Si, saat menyampaikan Sambutan pada Upacara HKN Bulan Juli 2014 di Lapangan upacara Balai Penelitian Tanaman Sayuran


Sudah menjadi agenda rutin tiap bulan menggelar upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN), pada bulan ini bertepatan dengan Bulan suci ramadhan Balai Penelitian Tanaman Sayuran tetap mengadakan upacara tersebut yang digelar di Lapangan Upacara Balitsa, Kamis (17/7). Balai Penelitian Tanaman Sayuran menggelar Upacara Hari Kesadaran Nasional, bertindak sebagai pembina upacara Kepala Balitsa Dr. Liferdi, SP.,M.Si, peserta apel sendiri diikuti oleh pejabat struktural Kasie. Jaslit, Kasie Yantek, Kepala Tata Usaha beserta karyawan.

 

Peserta Upacara

Peserta upacara dengan seksama mendengarkan sambutan dari Kepala Balai Dr. Liferdi, SP., M.Si

Mengawali sambutannya Kepala Balai menyampaikan, informasi terbaru dan terhangat pada saat ini diantaranya : pada tahun 2015 anggaran untuk riset Balai ditambah, posisi DIPA anggaran penelitian mengalami kenaikan pada tahun tersebut berbeda pada tahun sebelumnya.
Lanjutnya, informasi lain terbaru “pada tahun 2015 Renstra hanya ada di Badan Litbang Pertanian, Setiap bulan juli dimulai pada tahun ini ada agenda rutin yaitu penyerahan hasil-hasil penelitian pada atasan secara berjenjang dan itu juga sudah dilaksanakan, hasil penelitian merupakan asset tidak berwujud yaitu antara lain adalah hak cipta, paten dan lisensi kepala Balai menghimbau pada semua karyawan untuk semangat lagi dalam bekerja karena ada peluang TUKIN meningkat dari PVT, VUB, hasil penelitian itu merupakan investasi Negara sehingga Perlu dicatat dalam neraca keuangan sebagai asset tidak berwujud, Hasil evaluasi dari 40 % menjadi 75% karena kita sekarang sudah WTP, namun untuk mempertahankan WTP tersebut kita dituntut lebih rapih lagi dalam administrasi”. Tandasnya.
Disisi lain Kepala Balai menyampaikan,  terkait di tahun 2015 Isu strategis pada lima tahun ke depan diantaranya :
Yang pertama ; Kecukupan produksi komoditas strategis (padi, jagung, kedelai, tebu, sapi, cabai dan bawang merah) serta pengurangan ketergantungan impor
Yang kedua ; Peningkatan daya saing produk di dalam negeri/antisipasi pasar bebas AEC (ASEAN Economic community 2015) Indonesia sebagai target pasar.
Yang ketiga ; Pemantapan dan peningkatan daya saing produk pertanian di dunia Internasional
Yang keempat ; Diversifikasi pangan untuk mengurangi konsumsi beras dan tepung terigu
Yang kelima ; Peningkatan pendapatan dan peningkatan kesejahteraan petani.
Namun demikian Kepala Balai menambahkan, “Terkait dengan renstra yang hanya di Badan Litbang saja dan balitsa merupakan salah satu UPT (Unit Pelayanan Teknis) kita hanya mengacu pada visi misi di Badan Litbang Petanian yaitu : Visi “Menjadi lembaga penelitian dan pengembangan pertanian terkemuka di dunia dalam mewujudkan system pertanian tropika berbasis bio-industri berkelanjutan” Misi  “ Merakit, menguji dan mengembangkan inovasi pertanian tropika unggul berdaya saing, Mendiseminasikan inovasi pertanian tropika unggul peningkatan scientific recognition dan impact recognitionharus memiliki nilai ilmiah”.
Terakhir Kepala Balai Menyampaikan program dan kegiatan Balitbangtan tahun 2015-2019 yaitu penciptaan teknologi dan inovasi pertanian Bio-industri berkelanjutan, dan beliau berharap kepada peneliti khususnya untuk mengikuti pertemuan selanjutnya terkait dengan menindak lanjuti karena akan nada satu kali lagi evaluasi untuk memfokuskan mendetilkan dan mempertajam kegiatan tahun 2015 pada jum’at mendatang” tuturnya.

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us