Balitbangtan Serahkan Penghargaan bagi 10 Petani Pelestari SDG Tanaman PertanianDENPASAR – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Haryono menyerahkan penghargaan bagi 10 petani pelestari SDG (Sumber Daya Genetik) Tanaman Pertanian, yang disampaikan dalam rangkaian acara Kongres Nasional V dan Seminar Nasional Sumber Daya Genetik Pertanian di Bali (25/6/2014).
Dalam sambutannya, Kepala Balitbangtan menyampaikan bahwa dalam kondisi iklim yang terus berubah, eksistensi sumber daya genetik saat ini sangat rawan dan langka, bahkan ada yang telah punah. Untuk itu, peningkatan nilai tambah SDG memegang peranan penting dalam menjaga kelestariannya.
Upaya konservasi sulit dilakukan bagi SDG yang belum diketahui manfaatnya dan kurang memiliki nilai ekonomi. Sebagai contoh padi lokal varietas Seulawah merupakan padi lokal yang ditemukan di daerah dataran tinggi di Sumatera Utara. Di tempat asalnya, padi varietas ini sangat rentan terhadap OPT dan produktivitasnya rendah sehingga tidak disukai petani.  Namun ternyata varietas ini memiliki sifat tahan terhadap suhu dingin sehingga dikembangkan sebagai donor sifat tahan dingin pada padi di Jepang.
Kepala Balitbangtan juga menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan 10 petani dalam melestarikan SDG tanaman pertanian. Sepuluh petani tersebut adalah H. Ahmadul Marzuki dari Kalimantan Selatan, Drs. Made Supala dari Bali, Ir. Sapirim, MM dari NTB, Hamsadi dari Kalimantan Timur, Wawan Kustiawan dari Jawa Barat, Budiansyah dari Kalimantan Barat, Ir. Dian Rossana Anggraini dari Bangka Belitung, Samanhudi dari Jawa Timur, Suyatno dari Lampung dan Lasmadi dari Kalimantan Tengah.
Disarankan oleh Kepala Balitbangtan bahwa upaya adopsi teknologi dan ekspansi lahan usahatani menjadi keharusan dalam upaya mencukupi kebutuhan pangan, dan di sisi lain mendesak ruang bagi keberadaan SDG lokal.  Oleh karenanya, SDG lokal perlu didorong untuk dikembangkan secara kreatif melalui pengembangan model-model kawasan dalam upaya mengurangi beban investasi yang tinggi.
Pada kesempatan ini Kepala Balitbangtan juga menyerahkan ‘Fruit Catalogue’ kepada Deputi III Kementerian Lingkungan Hidup, Dr. Arief Yuwono.


Sumber : Badan Litbang Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us