SBY PenasMALANG - Bertambahnya penduduk dunia yang terus meningkat, manusia perlu tambahan pangan dan energi sebanyak 60-70%, sehingga dapat dipastikan kedepan kebutuhan pangan akan melonjak tajam. Hal tersebut disampaikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada pembukaan pekan nasional (PENAS) petani nelayan ke XIV di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (7/6/2014).

Menurut SBY, jika berbicara tentang ketahanan dan kemandirian pangan maka ada tiga sasaran besar yang harus dicapai. Pertama adalah kecukupan pangan dan swasembada yang bisa membentuk ketahann pangan yang kuat, kedua penghasilan petani dan nelayan harus makin baik dan meningkat dan ketiga adalah seluruh rakyat dapat mengakses pangan dengan harga terjangkau.

Ditambahkan bahwa ada lima pihak yang bertanggungjawab terhadap pencapaian sasaran tersebut, yaitu pemerintah baik pusat maupun daerah melalui kebijakan dan penciptaan iklim usaha yang tepat, kedua adalah kelompok pakar, peneliti, dan inovator bidang pertanian, perikanan dan kehutanan yang harus bekerja keras agar produksi dan produktivitas pangan makin tinggi, ketiga adalah dunia usaha agar apa yang dihasilkan oleh petani dan nelayan dapat dikembangkan.

“Apa yang dihasilkan oleh petani, nelayan dan petani hutan dengan perdagangan dan industri yang adil dapat dikembangkan untuk kepentingan kita semua,” tambah SBY.

Pihak keempat adalah komunitas petani, yang harus tetap produktif dan rajin. “Petani harus menguasai teknologi,” ujar SBY.

Kelima, masyarakat luas, dimana mengingat bahwa bumi tidak berkembang dan sebagian lahan mulai kurang subur, sehingga kita harus lebih efisien dalam mengkonsumsi pangan demi generasi yang akan datang.

Seusai pembukaan, presiden beserta rombongan berkesempatan meninjau lokasi gelar teknologi yang pada penas kali ini mengangkat mengenai pertanian bio-industri ramah lingkungan.


Sumber : Badan Litbang Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us