Cpns baruJAKARTA – “Pertanian ke depan adalah Pertanian High Profile yang perlu didukung dengan IPTEK yang mumpuni. Tidak ada negara maju yang tidak mempunyai pertanian yang maju. Dan tidak ada negara maju tanpa pertanian yang hebat,” ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr Haryono pada acara Induksi dan Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Balitbangtan Kantor Pusat, Rabu (4/6/2014).
Kepala Balitbangtan menyampaikan, “CPNS yang masuk Balitbangtan harus mulai berpikir karir diantaranya sebagai peneliti. Mulailah dengan berpikir seimbang tentang hak dan kewajiban. Diantara yang paling sering ditanyakan adalah hak tetapi tidak melaksanakan kewajiban, padahal kewajiban adalah ibadahnya.”
Dalam memasuki dunia baru dan sistem baru tidak mudah. Ada pendekatan yang dapat dilakukan untuk mempermudah diantaranya enter the system dengan niat positif, understand the system, make friends and be accepted yang artinya daya silaturahim tinggi, change the system, show your creativity. Selain itu, pahami teori adaptasi dalam menghadapi situasi baru melalui empat tahapan yaitu forming, storming, norming, performing.
Kepala Balitbangtan juga menekankan, dalam bekerja, CPNS diharapkan memahami semangat Balitbangtan melalui tagline Science. Innovation. Networks. Bahwa penelitian harus dilaksanakan berbasis sains dan hasilnya berupa inovasi yaitu hasil penelitian yang ada di lapangan dan dapat dimanfaatkan.
Terakhir, Kepala Badan mengharapkan para CPNS bekerja dengan jiwa patriotik, yaitu bekerja dengan maksimal, mengikuti aturan, dan berperan dalam penelitian untuk membangun pertanian Indonesia. Kepala Badan juga berpesan kepada Kepala Pusat/Puslitbang/Balai Besar agar memaksimalkan peran CPNS yang baru masuk ini.
Balitbangtan tahun 2014 mendapatkan sejumlah 129 orang CPNS, yang terdiri dari 24 orang S2, 87 orang S1, 1 orang D4, dan 14 orang D3. Para CPNS ini merupakan hasil rekrut Kementerian Pertanian pada Tahun Anggaran 2013 dan secara keseluruhan CPNS Kementerian Pertanian berjumlah 481 orang. Mereka terpilih dari 24.000 orang pelamar. Pada kesempatan tersebut Dr. Haryono juga menyampaikan SK CPNS secara simbolik kepada CPNS untuk penempatan di BPTP Aceh, BPTP Kalimantan Timur dan BPTP Papua Barat.
Kegiatan induksi dan orientasi CPNS akan berlangsung sampai dengan tanggal 6 Juni 2014. Selama kegiatan tersebut, peserta akan mendapatkan pembekalan yang berkenaan dengan tugas dan fungsi Balitbangtan, peraturan PNS, dan pengembangan karakter.


Sumber : Badan Litbang Pertanian

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us