DSC 1918Bukan kita hendak mendahului ‘taqdir’ atau menentukan taqdir, tapi berikhtiar agar hidup lebih baik di masa depan adalah sebuah ‘amal soleh’. Analog ini sepertinya pas menjadi sebuah benang merah setelah jelajah inovasi kali ini berkesempatan mengunjungi kebun bawang merah di Balai Penelitian Sayuran (Balitsa) Lembang, Jawa Barat.
Memang kedengarannya berlebihan kalau kita pakai kalimat ‘menentukan taqdir’, namun paling tidak inimengartikan bahwa kita punya kesempatan bercita-cita melalui ikhtiar atau upaya soal bagaimana merancang usahatani bawang merah untuk masa depan. Upaya ini, sekarang tengah berjalan tanpa henti (never ending) dan ‘Insya Allah’ sebentar lagi akan ditemukan sebuah inovasi budidaya off season (luar musim) yang menjadi jawaban atas kemelut bawang merah nasional.
Guna melihat upaya Balitsa itu, pekan lalu, ‘‘Sinta’’ bersama Sanuki Pratikno, MM, Kepala Subbidang PHP, Pusat Penelitian Hortikultura, Badan Litbang Pertanian kembali meluncur menelusuri Tanah Pasundan. Alhamdulillah! rekan-rekan jelajah, perjalanan ini sangat menggembirakan. Rute Jakarta-Lembang memang sengaja tidak ditempuh melalui jalan tol Cipularang, tetapi rutenya adalah melalui Purwakarta dan Subang.
Memang rute ini dirasakan lebih lama jika dibandingkan dengan rute tol Cipularang, namun perjalanan yang melintas berbagai kawasan justru memberi kesan tersendiri. Cuaca yang mendukung membuat suasana penjelajahan semakin ‘happy’. Tapi rekan-rekan, kegembiraan ini agak terusik setelah melintas Kabupaten Purwakarta, Mobil bertransmisi ‘automatic’ keluaran tahun 2005 yang dipakai ini sedikit bermasalah. Tenaga dorongnya terasa aneh, bahkan kata supir yang mengendarainya, Irwansyah, ”tenaganya semakin habis, semakin diinjak pedal gas, semakin melorok tenaganya. Pada jalan rata mesinnya terasa endut-endutan dan pada tanjakan, mobil bisa-bisa kehilangan tenaga”.
“Wah-wah… bisa-bisa kita harus ganti mobil pak”, ungkap ‘‘Sinta’’. “Nggak perlu pak, masih ada cara yang kita pakai dan mudah-mudahan bisa sampai ke Lembang atau sampai kita pulang”, katanya lagi dengan nada yakin. “Ini masalahnya cuma accu pak”.
Tanpa buang waktu, sang supir bergegas menepikan mobil ke sisi jalan, kemudian membuka kap mobil. Karena rasa penasaran “Sinta” juga turun untuk melihat apa yang dilakukannya. Ternyata, dia melepas kabelmasa (negative) accu dan kemudian dipasang lagi secepat mungkin dengan hitungan kurang dari 55 detik. Setelah distar lagi mesin langsung menyala dan endut-endutannya hilang. Namun sayangnya rekan-rekan jelajah, gangguan ini terjadi berulang-ulang, kalau tidak salah ada 4 kali sang supir harus melakukan terapi serupa hingga kami sampai ke Balitsa Lembang. Buat rekan trik kecil ini bisa jadi cara kalau menemui masalah mobil yang serupa.
Untungnya, kendati ada hambatan-hambatan kecil ini, perjalanan masih terasa menyenangkan, karena disepanjang jalan dari Kabupaten Subang hingga ke Lembang pemandangan kebun teh yang membentang memupus kegundahan akibat mobil.
Di Kaki Tangkuban Perahu
Alhasil, sekitar 4 jam perjalanan dari Jakarta menuju Lembang tim jelajah tiba di Balitsa Lembang. Tampak dari kejauhan berdiri kekar perkantoran yang telah ada sejak tahun 1940-an itu menghias kawasan kaki GunungTangkuban Perahu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Kantor ini tepatnya berada pada 107o 30' Bujur Timur dan 60o 30' Lintang Selatan yang terletak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat pada ketinggian ± 1.250 m dpl.
Ditinjau dari segi geologis jenis tanah di daerah tersebut merupakan tanah andisol yang beriklim tipe B, dengan suhu rata-rata harian berkisar antara 19-24oC, kelembaban udara berkisar 34-90% dan rata-rata curah hujan 2.207,5 mm/tahun, sehingga daerah tersebut sangat cocok untuk pusat penelitian dan pengembangan tanaman sayuran.


Sumber : Tabloid Sinar Tani

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us