erupsi-gunung-sinabungTim Peneliti Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian dari berbagai disiplin Ilmu diturunkan ke lokasi gunung Sinabung. Hal ini bertujuan untuk mengamati/memonitor dampak dari erupsi gunung sinabung terhadap lingkungan, terutama pertanian dan peternakan.
Tim yang diturunkan terdiri dari beberapa Unit Pelayanan Teknis, diantaranya Puslitbang Hortikultura, Puslitbang Peternakan, Puslitbang Tanah, Balai Besar Mekaninasi Pertanian dan dikoordinasikan langsung oleh Kepala BPTP Sumut.
UPT Puslitbang Peternakan menugaskan peneliti dari Loka Penelitian Kambing Potong Sei Putih dan Balai Besar Penelitian Veteriner Bogor untuk ikut berpartisipasi dalam hal tersebut.
Kegiatan yang dilakukan oleh Peneliti di lokasi tersebut selama dua hari, yang meliputi koordinasi dengan MUSPIDA, meninjau lokasi dampak erupsi gunung Sinabung, menganalisis kualitas air, juga tanah (kandungan unsur hara), mangamati tanaman jeruk, kopi, cengkeh, palawija, sayuran dan tanaman pangan. Tim Puslitbang Peternakan mengamati dampak erupsi gunung Sinabung terhadap  ketersediaan hijauan pakan ternak dan kesehatan hewan terutama ternak.
Hasil dari pemantauan tersebut akan dilaporkan kepada Puslit masing-masing dan diteruskan ke Badan Litbang Pertanian untuk dijadikan dasar dalam penetapan kebijakan dan rencana tindak lanjut untuk percepatan normalisasi dampak erupsi Sinabung yang akan direkomendasikan kepada menteri Pertanian dan Pemerintah Daerah.
 
Sumber : Loka Penelitian Kambing Potong

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us