DSC 0166

Seakan luput dari perhatian media massa, tanaman cabai rawit dan cabai merah juga tumbuh subur di kawasan uji coba pertanian hortikultura lahan rawa Kereng Bangkirai, Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng).Di lahan uji coba seluas 1.250 meter yang dikelola Slamet Riyadi, tanaman cabai berbuah lebat membuat siapa pun yang melihat ingin memetiknya. Bagi Slamet, hasil panen cabai menjadi bonus besar yang menggiurkan karena awalnya ia fokus mengembangkan bawang merah. Namun berkat saran dari tim peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Slamet pun menanam cabai merah dan cabai rawit serta pepaya dan sejumlah palawija di lahan yang digarapnya.
Menurut Slamet, setiap pekan ia bisa mendapatkan penghasilan Rp 4 juta dari hasil panen cabai merah dan cabai rawit yang ditanamnya. Lelaki yang memulai membuka lahan rawa untuk pertanian di Kereng Bangkirai tahun 2011 itu meng-aku cabai bukan lagi penghasilan sam-pingan.
Seperti halnya bawang, cabai juga menjadi penghasilan yang sangat menjanjikan bagi petani seperti dirinya. “Saya panen cabai di saat stok di pasaran langka, makanya saya bisa menikmati keuntungan cukup besar. Lahan rawa memang untuk ditanami saat di luar musim atau off season,” kata Slamet.
Kepala Puslitbang Hortikultura, Balitbang Pertanian, Prama Yufdi mengatakan, cabai rawit dan cabai merah merupakan komoditas yang juga dikembangkan di lahan rawa melalui uji adaptasi varietas spesifik lahan rawa oleh Balitbang Pertanian di Palangka Raya. Untuk membudidayakan tanaman cabai sebetulnya tidak diperlukan sutu hamparan yang luas, tetapi tanaman cabai dapat dibudidayakan di pematang-pematang sawah atau di pinggir jalan pada areal persawahan.
“Sebagai tahap awal, kami lakukan uji adaptasi varietas terlebih dahulu sebelum pengembangan besar-besaran. Ternyata hasilnya sangat menggembirakan,” ujar Prama kepada Majalah Sains Indonesia.


Sumber : Majalah SAINS Indonesia Edisi 26

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us