Palangka Raya IIPALANGKA RAYA - sebanyak 3 varietas bawang merah Badan Libang Pertanian teruji tahan terhadap hujan dan mampu beradaptasi dilahan gambut, Ketiga varietas tersebut yakni Sembrani, Maja Cipanas dan Bima Brebes disusul Trisula dan Manjung. Sementara itu Katumi dan Mentes tidak cocok dilahan gambut. Varietas tersebut telah diujicoba dan dibudidayakan oleh masyarakat Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) dilahan gambut pada periode iklim ekstrim basah dalam luasan areal 2000 m2. Varietas unggul bawang merah yang memiliki adaptasi tinggi dari uji adaptasi varietas baru akan digunakan sebagai dasar dikembangkan lebih luas dilahan gambut Kalimantan Tengah.


Kondisi pertumbuhan pertanaman varietas unggul bawang merah pada kawasan pengembangan tersebut menunjukkan bahwa varietas sembrani lebih unggul dibanding varietas lainnya tinggi tanaman sembrani 38,2 cm, Maja Cipanas 20,8 cm dan Bima Brebes 28,3 cm. Hasil panen yang dilakukan pada umur 62 hst nampak bahwa sembrani menghasilkan produksi terbaik yaitu18,7 ton/ha basah, disusul Maja Cipanas sebesar 7,3 ton/ha, dan Bima Brebes 7,2 ton/ha. Untuk sembrani meskipun prabukti masih dibawah potensi maksimum yakni 24 ton/ha tetapi ini sudah jauh melebihi produksi Bima di sentra bawang Tegal dan Breres pada kondisi musim hujan yakni sekitar 7 ton/ha.


Penanaman bawang ini merupakan program terobosan Badan Litbang Pertanian sebagai upaya pengembangan lebih luas pertanaman bawang Merah dispesifik lahan gambut pada kondisi diluar musim (curah hujan tinggi).



favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us