ISO


Dalam Closing Meeting kegiatan audit eksternal yang dilakukan oleh Tim Auditor dari Delta Pas, Balai Penelitian Tanaman Sayuran dinyatakan lulus meraih sertifikasi ISO 9001:2008 setelah melewati beberapa tahapan prosedur penilaian yang disyaratkan dalam audit eksternal. Persyaratan untuk meraih sertifikasi ISO 9001:2008 sudah dipenuhi Balitsa meski demikian masih ada sekitar 11 poin temuan minor yang harus dilengkapi.


Audit terhadap sistem penilaian dilakukan melalui 2 tahapan yaitu, pemenuhan standard dan kesesuaian dengan implementasi di lapangan. Dari temuan tim auditor, tidak ditemukan kesalahan fatal di tingkat major namun ada 6 poin ketidaksesuaian di tingkat minor dan 4 poin dari Observasi.


Tim Auditor meminta pihak Balitsa memperbaiki kekurangan yang ditemukan dan diharapkan bisa terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat.

Sementara itu Kepala Balitsa Dr. Liferdi Lukman, M.Si mengaku gembira dengan hasil akhir penilaian tim auditor yang meluluskan persyaratan untuk meraih sertifikat ISO 9001:2008 setelah melalui tahapan panjang.


Kesuksesan ini katanya, berkat dukungan dan kebersamaan seluruh karyawan yang terlibat untuk terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat tanpa kenal lelah, serta komitmen bersama dalam penerapan standar ISO 9001:2008 yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. Beliau juga meminta kepada seluruh staf di Balitsa agar terus memperbaiki kekurangan yang ditemukan dan diharapkan bisa terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Lebih lanjut Kepala Balai menekankan bahwa tahun 2013 harus dijadikan tahun kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, sehingga apa-apa yang masih menjadi temuan auditor harus dituntaskan selama 2 minggu, apalagi Balitsa diawal tahun 2013 mendapatkan anugerah Indonesia Golden Achievement Awards kategori The Best Service Excellent of The Years dari Kementerian UKM dan Koperasi kerjasama dengan THE ENO, ini harus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga betul-betul dapat terlihat dan dirasakan oleh pelanggan.


Bagaimanapun tidak ada sistem manajemen di dunia yang dapat berjalan tanpa ada masukan perbaikan di masa depan. Pasti ada masukan untuk kita bisa berbuat dengan lebih baik untuk menjadi excellent.

 

Selamat! Dan jangan lupa sertifikasi ini bukanlah akhir namun menjadi awal untuk terus-menerus melakukan perbaikan berkesinambungan.

 

By : Humas Balitsa

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us