Pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 19 - 20 Juni 2021, Stasiun televisi DAAI TV kembali melakukan peliputan pada kegiatan yang dilaksanakan di Kebun IP2TP (Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian) Serpong Balitsa, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian dalam salah satu tugas pokok dan fungsi kebun sebagai kebun Agroeduwisata, dalam pelaksanaan kegiatan program Urban farming yang bertujuan untuk memperkenalkan pengetahuan pertanian kepada warga masyarakat perkotaan khusus nya para pemuda-pemudi agar dapat berkiprah dalam peningkatan usaha tani wilayah perkotaan atau dengan kata lain disebut dengan petani millenial.
DAAI TV adalah stasiun televisi lokal Jakarta yang dapat dijangkau oleh pemirsa wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, karena stasiun televisi ini mempunyai program "Bumiku1" tentang lingkungan hidup, pertanian organik dan budidaya tanaman. Ada pun untuk kali ini dilaksanakan peliputannya di Kebun IP2TP Serpong Balitsa untuk kegiatan yang sedang dikerjakan oleh Pramuka Saka Taruna Bumi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Tangerang yang beranggotakan para pelajar setingkat SLTA di wilayah sekitar IP2TP Serpong Tangerang Banten.
Saka Taruna Bumi merupakan satuan karya pramuka bidang pertanian yang merupakan wadah pramuka untuk meningkatkan dan mengembangkan kepemimpinan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pertanian agar mereka dapat menjadi kader – kader penerus perjuangan bangsa dalam bidang pembangunan pertanian demi mewujudkan cita – cita bangsa khususnya demi kemandirian pangan dan kesejahteraan petani.
Saka Taruna Bumi Kabupaten Tangerang ini berpangkalan di IP2TP Serpong, selain melakukan kegiatan pramuka Saka Taruna Bumi Kabupaten Tangerang ini juga diberikan edukasi tentang pertanian agar nantinya menjadi cinta terhadap pertanian dan menjadi petani milenial agar pertanian Indonesia semakin maju. Kegiatan ini tidak lepas dari binaan Kepala IP2TP Serpong Widi Wiratmoko, SP. yang juga merupakan Pamong Saka Taruna Bumi Kwarcab Tangerang, Banten dan dibantu Mandor kebun M. Taslim, baik dari sisi keilmuan dan teknologi pertanian tanaman sayuran Balitsa. Para siswa diberi tanggung jawab untuk mengolah lahan seluas 1000m² yang ditanami dengan tanaman Ubi Jalar, Ubi Kayu dan bibit Alpukat sebagai media pembelajaran perbanyakan vegetatif.
Lahan kebun yang digunakan adalah lahan yang tidak produktif untuk kegiatan penelitian dan produksi tanaman kebun, yang bertujuan agar lahan tersebut dapat termanfaatkan dan terpelihara dengan baik, proses budidayanya dilakukan secara organik agar kelestarian lingkungan tetap terjaga dan menghasilkan pertanian yang lebih sehat.
favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us