Halo #SobaTani..
Siapa yang tidak tahu kentang? Kentang sering kali diolah untuk campuran olahan sayur. Kentang juga biasa dimakan dalam bentuk kentang goreng. Bahkan, kentang juga kerap kali digunakan sebagai pengganti beras dalam pola diet. Kentang (Solanum tuberosum L.) merupakan salah satu komoditas sayuran yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, tidak mudah rusak dan merupakan sumber kalori, protein dan juga vitamin.
Masih dalam rangka pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat Karya Diseminasi Inovasi Teknologi Hortikultura, Puslitbang Hortikultura menggandeng Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal menggelar bimtek bertema Budidaya dan Pemasaran Kentang, Selasa (30/3) bertempat di Desa Sigedong, Kecamatan Bumi Jawa, Kabupaten Tegal. Desa Sigedong sendiri merupakan daerah penghasil kentang terbanyak di Kabupaten Tegal. Namun demikian, Kepala Seksi Hortikultura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, Eka AP dalam sambutannya menyebutkan bahwa menurut data statistik, produktivitas kentang di wilayah ini masih tergolong rendah, yaitu sekitar 10 ton/ha.
Kusmana, Peneliti Kentang dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) hadir sebagai narasumber memberikan pemaparan tentang Budidaya Kentang dan Pemasarannya dihadapan sekitar 40 peserta bimtek yang terdiri dari petani dan masyrakat sekitar didampingi oleh Penyuluh masing-masing kelompok tani.
Kepala Seksi Hortikultura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan bimtek ini, “Kami sangat berterima kasih karena mendapat perhatian dari Puslitbang Hortikultura melalui bimtek ini, sehingga petani kami dapat menambah pengetahuannya”, ujarnya.
Bimtek Padat Karya ini sendiri memang bertujuan untuk mendiseminasikan inovasi teknologi hortikultura kepada petani, dan sekaligus juga untuk membantu perbaikan ekonomi petani terdampak Covid-19.
Balai Penelitian Tanaman Sayuran - Balitsa
Balitbu Tropika
Balai Penelitian Tanaman Hias
Balitjestro Indonesia
favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us