Lembang -- Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa), Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) sudah merilis beberapa Varietas Unggul Baru (VUB) dari bawang merah. Dengan kualitas unggul, petani enggan berpindah ke lain hati.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Balai Penelitian Tanaman Sayuran menyerahkan benih Varietas Unggul Baru (VUB) bawang merah kepada petani yang tergabung dalam  Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) Tricipta, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. 

“Total benih yang kami serahkan adalah 50 kg, yang terdiri atas VUB Violetta Agrihorti 1, Violetta Agrihorti 2 dan Ambassador Agrihorti 1.  Varietas tersebut sesuai untuk dataran tinggi, dan memiliki keunggulan produksi tinggi dan agak tahan terhadap penyakit.” ungkap Kepala Balitsa, Muhammad Thamrin.

Penyerahan bibit ini merupakan upaya pengenalan varietas unggul baru bawang merah yang baru dilepas.  VUB bawang merah ini merupakan hasil perakitan varietas yang dilakukan oleh tim pemulia dibawah pimpinan Dr. Iteu M. Hidayat.

Diharapkan VUB ini dapat mendongkrak produktivitas bawang merah karena sifatnya yang  tahan terhadap serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT).

Untuk diketahui, Varietas Violetta  Agrihorti 2 memiliki keunggulan yaitu potensi hasilnya yang tinggi yakni hasil basah : 23,12 - 29,07 ton/ha dan agak tahan terhadap bercak ungu.

Sedangkan Violetta Agrihorti 3 memiliki keunggulan potensi hasil basah : 24,95 – 30,73 ton/ha dan Ambassador Agrihorti 1 memiliki keunggulan potensi hasil basah : 21,88 - 26,54 ton/ha, agak tahan terhadap penyakit antraknos dan warna umbi merah tua.

Ketua Gapoktan  Tricipta, Kecamatan Cimenyan, Ujang mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih dan antusias untuk mengembangkan varietas unggu baru bawang merah tersebut. Dirinya menceritakan sejak tahun 2015, telah menanam varietas unggul bawang merah dari Balitsa yakni Varietas Maja Cipanas dan Bali Karet.

Untuk musim tanam Juli 2020, Ujang telah menyediakan lahan seluas 1,5 ha untuk menanam varietas unggul baru bawang merah dari Balitsa dengan harapan varietas tersebut mampu menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dibandingkan varietas lainnya.

Sumber : https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/horti/13555-Kualitas-Unggul-Petani-Betah-Gunakan-VUB-Bawang-Merah-Balitbangtan?fbclid=IwAR0J4FkGmdw6lyjvDFKQRPloEMaPtY7bWRGMd9Ey_wbko3J1c8JW3FSfStw

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us