#SobaTani ACIAR Jajaki Kerja Sama Penelitian Hortikultura dengan Balitbangtan

Balitbangtan melakukan pertemuan untuk membahas rencana kerja sama di bidang hortikultura dengan ACIAR pada hari Jumat (24/1/2020) di Ruang Rapat Kantor Balitbangtan. Pertemuan dihadiri oleh Plt. Sesba Balitbangtan, Ketua Kelti Sosek dan Inovasi Pertanian Puslitbanghorti, KaBalitjestro, KaBalitsa, KaBalithi, Kabid KSHOH Balitbangtan, Kasubid Kerjasama Puslitbanghorti, peneliti komoditas jeruk dan pisang, serta perwakilan dari ACIAR. Irene Kernot selaku ACIAR Research Program Manager menyampaikan dua rencana proposal kerja sama penelitian penyakit huanglongbing pada jeruk dan layu fusarium pada pisang.

Huanglongbing (HLB) saat ini masih menjadi penyakit utama pada jeruk. Dalam upaya pengendalian HLB, Balitbangtan melalui Balitjestro telah mengembangkan alat deteksi serangan CVPD yaitu Sistem Pakar dan Kit DePat (Deteksi Cepat). Sementara, penelitian terkait rootstock untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap HLB masih jarang dilakukan. Untuk itu Balitjestro menyampaikan usulan adanya kolaborasi penelitian yang lebih teknis terkait kerja sama penelitian yang akan dilakukan dengan ACIAR.

Pembahasan dilanjutkan pada proposal kerja sama kedua, yaitu pengendalian layu fusarium pada pisang. Penelitian pengendalian layu fusarium pada pisang telah dilakukan sejak lama dan masih terus dilakukan. Penelitian telah berkembang hingga pemanfaatan mikrobium untuk pengendalian secara hayati. Pada kenyataanya, aplikasi mikrobium di lapang masih terkendala adanya perbedaan antara kondisi di laboratorium dengan di lapangan. Balitbu Tropika membuka peluang untuk melakukan kolaborasi kerjasama penelitian pengelolaan tanaman pisang, pemanfaatan mikrobium dan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh.

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Twitter Feed

  • RT @balitsa_ivegri: Ini keripik Kentang Chidori dihasilkan dari olahan kentang varietas medians hasil penelitian dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Jul. 28, 2018
  • RT @balitsa_ivegri: Tiga Mahasiswa asal Malaysia kunjungi Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Aug. 2, 2018

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us