#SobaTani, Bupati Bulungan Kaltara Kunjungi Puslitbang Hortikulura

Selasa 21 Januari 2020, Sudjadi Bupati Bulungan Kalimantan Utara berkunjung ke Puslitbang Hortikultura. Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Bappeda Bulungan. Turut serta mendampingi adalah Dr. Muhammad Amin, S.Pi., M.Si Kepala BPTP Kalimantan Timur. Rombongan Bupati disambut oleh Kapuslitbanghorti yang diwakili oleh Kabid KSPHP Dr. Rudi Hartono, SP., MP dan Kabag TU Drs. Paidi, MM.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bulungan menyampaikan bahwa sebagai salah satu Kabupaten Induk saat masih manjadi bagian dari Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Bulungan saat ini menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi yang ada di Kalimantan Utara. Luas Wilayah Kabupaten Bulungan 13.000 Km2 dengan jumlah penduduk 150.000 jiwa mempunyai potensi pengembangan wilayah yang besar untuk komoditas pertanian terutama hortikultura.

Dengan telah diumumkannya pemindahan Ibukota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur, memberi peluang bagi kabupaten dan provinsi tetangga untuk mengembangkan potensinya sebagai penyangga ketersediaan pangan bagi Ibukota baru tersebut. Salah satu sub sektor yang sangat berpeluang untuk dikembangkan adalah sub sektor Hortikultura terutama sayuran dan buah-buahan.

Terkait hal tersebut Bupati Bulungan berharap mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian dalam hal ini Puslitbang Hortikultura Badan Litbang Pertanian untuk dapat mengoptimalkan potensi yang ada di Kabupaten Bulungan melalui beberapa kegiatan Diseminasi Inovasi Teknologi yang telah dihasilkan Badan Litbang pertanian.

Dalam kesempatan ini Bupati menyampaikan, saat ini Kabupaten Bulungan ingin fokus untuk pengembangan Bawang Merah dan Cabai.

Untuk menindaklanjuti hal ini Bupati Bulungan menawarkan adanya MoU antara Badan Litbang dengan Kabupaten Bulungan dan mengundang Bapak Kapuslitbang Hortikultura untuk berkunjung ke Kabupaten Bulungan untuk melihat lebih dekat potensi pengembangan hortikultura yang ada disana.

Dalam kesempatan ini juga Kepala BPTP Kalimantan Timur menyampaikan bahwa rencana calon lokasi BPTP Kalimantan Utara kebetulan juga berada dalam wilayah Kabupaten Bulungan, sehingga dengan adanya rencana MoU ini dapat lebih mensinergikan kegiatan Badan Litbang Pertanian di Wilayah Kalimantan Utara terutama Kabupaten Bulungan.