Lembang – (11/10/19) Rombongan emak-emak geruduk saung Obor Pangan Lestari (OPAL) yang berada di Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang, Bandung Barat. Emak emak ini merupakan anggota Dharma Wanita Persatuan (DPW) Gabungan dari berbagai instansi lingkup Kementerian Pertanian yang berada di wilayah Lembang, yaitu BIB Lembang, BPTP Balitbangtan Jabar, BBPP Lembang dan Balitsa sebagai tuan rumah. Mereka membuat heboh saung OPAL dengan mengadakan acara panen sayuran bersama, dan menjadikan hasil panen tersebut sebagai bahan masakan dalam ajang lomba memasak antar DWP. Secara serentak mereka mengambil posisi memasak di tempat memasak yang lengkap dengan berbagai alat masak yang disediakan. Meskipun heboh, tapi emak-emak ini tampak serius memasak hasil panen sayuran di kawasan OPAL tersebut. Penjurian untuk menentukan pemenang dilakukan berdasarkan tiga kriteria yaitu kerapihan, kebersihan dan rasa.

Kasi Jasa Penelitian Balitsa, Andi Supriadi, S.T., yang mewakili pembina DWP Balitsa menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka menjalin silahturahmi DWP Gabungan Kementan lingkup wilayah Lembang. Kegiatan dengan tema “Indonesia Nyayur bersama DWP Gabungan Kementan dalam Mendukung Ketahanan Pangan“ ini merupakan upaya pembinaan Dharma Wanita yang dituntut untuk terus memajukan organisasi, menjadikannya sebagai tempat mengembangkan diri, mencetak pribadi pribadi yang kuat, serta menjadi kesholehan sosial dalam menghadapi tantangan kehidupan, dan terutama untuk meningkatkan silaturahim. Beliau menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi ajang sosialisasi menanam sayuran di pekarangan melalui program OPAL kepada masyarakat. Lahan OPAL Balitsa terbuka untuk umum, sehingga masyarakat dapat berkunjung ke lahan tersebut untuk melihat dan belajar tentang budidaya sayuran.

Pada akhir acara, panitia mengumumkan pemenang perlombaan memasak hari ini, yaitu DWP BBPP Lembang sebagai juara pertama dengan nilai 985, diikuti DWP Balitsa sebagai juara kedua dengan nilai 890, DWP BIB sebagai juara ketiga dengan nilai 840, dan DWP BPTP Balitbangtan Jabar mendapat juara 4 dengan nilai 795. Seluruh pemenang mendapat hadiah sebagai hasil jerih payahnya.

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Twitter Feed

  • RT @balitsa_ivegri: Ini keripik Kentang Chidori dihasilkan dari olahan kentang varietas medians hasil penelitian dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Jul. 28, 2018
  • RT @balitsa_ivegri: Tiga Mahasiswa asal Malaysia kunjungi Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Aug. 2, 2018

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us