LAUNCHING OBOR PANGAN LESTARI (OPAL) DI BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN

LEMBANG 19/6/2019, Balai Penelitian Tanaman Sayuran menyelenggarakan acara pembukaan OPAL (Obor Pangan Lestari) di Kebun Percobaan Margahayu, Lembang, Bandung Barat. Program OPAL ini merupakan kelanjutan dari program KRPL atau Kawasan Rumah Pangan Lestari. OPAL BALITSA secara resmi dibuka oleh Kepala Puslitbang Hortikultura Dr. Hardiyanto dengan memukul kentongan kayu berbentuk buah terong. Dalam acara ini Kepala BALITSA, Dr. Ir Catur Hermanto, MP., melaporkan bahwa Program OPAL bertujuan memberikan percontohan penataan pekarangan dengan budidaya berbagai komoditas tanaman dan hewan untuk memenuhi kebutuhan satu keluarga, yang meliputi kebutuhan protein karbohidrat mineral dan vitamin. Tanaman sayuran, buah-buahan, ikan, ayam, kelinci dan domba tersebut di kelola sendiri dengan memanfaatkan lahan milik sendiri, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan tidak perlu membeli dari orang lain atau pasar.

Dalam acara yang dihadiri oleh perwakilan berbagai instansi di Kecamatan Lembang dan sekitarnya ini, Kepala Balitsa mengharapkan agar perwakilan instansi tersebut dapat menerapkan atau mereplikasi program OPAL di masing - masing instansinya, sehingga lambat laun program ini dapat menyebar ke seluruh masyarakat.

Peluncuran program OPAL BALITSA ini mendapatkan sambutan baik dari tamu undangan (Kepolisian, TNI, Instansi pemerintah, SMA/SMK dari Lembang dan sekitarnya). Mereka menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan positif ini dan mereka akan mencoba mengaplikasikan di kantor masing - masing.

Kegiatan lainnya dalam launching ini yaitu panen bersama sayuran yang siap panen kentang, selada tomat dan terung diakhiri dengan makan bersama hasil panen sebagaimana salah satu jargon OPAL yaitu sumber makanan dari halaman.

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Twitter Feed

  • RT @balitsa_ivegri: Ini keripik Kentang Chidori dihasilkan dari olahan kentang varietas medians hasil penelitian dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Jul. 28, 2018
  • RT @balitsa_ivegri: Tiga Mahasiswa asal Malaysia kunjungi Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Aug. 2, 2018

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us