Kepraktisan, kembali menjadi alasan seseorang menyukai makanan instan. Perubahan gaya hidup masa kini yang ingin serba cepat mempengaruhi pola makan atau kebutuhan pangan seseorang. Karena itu, makanan instant berupa sayuran kering pun berkembang sangat pesat untuk memenuhi kebutuhan orang modern yang serba sibuk.

Ada beberapa cara untuk menghasilkan sayuran kering, salah satunya adalah radiasi far infra red (FIR). Sinar infra red pada teknologi ini memiliki panjang gelombang antara 25-1.000 μm, hal ini membuat warna sayur yang dikeringkan tidak mengalami perubahan warna yang signifikan dan aroma sayuran pun masih kuat.

Proses pengeringan dengan teknologi FIR sangat efisien karena panas radiasi langsung menembus bagian dalam molekul dan memutus ikatan molekul air pada molekul bahan tanpa melalui media perantara sehingga sayuran instan yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi dengan proses yang efisien.

Berbagai macam sayuran yang memiliki kadar air tinggi, seledri wortel, buncis, kubis, jamur merang, bawang daun, bawang merah dapat dikeringkan melalui teknologi ini. Bahkan produk nabati seperti baso dan sosis ayam pun dapat dikeringkan dengan menggunakan teknologi FIR. “Daya simpan sayur kering tersebut dapat bertambah hingga 8 bulan dalam keadaan terkemas,” ujar Ridwan Rachmat, peneliti Badan Litbang Pertanian yang telah melakukan penelitian tentang FIR pada tahun 2003.

Untuk menghasilkan sayuran kering, bahan dibersihkan, dipotong tipis, dicuci, di blanching, dan kemudian dikeringkan. Blanching adalah proses pencelupan cepat sayuran kedalam air pada suhu tertentu untuk menonaktifkan enzim penyebab pencokelatan. Dari percobaan di laboratorium dengan menggunakan lima jenis sayuran yaitu wortel, bayam, seledri, brokoli, dan jamur, didapatkan bahwa lama pengeringan berkisar antara 9-20 menit, bergantung pada bahan bakunya.

Sumber : (BB-Pascapanen)

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Twitter Feed

  • RT @balitsa_ivegri: Ini keripik Kentang Chidori dihasilkan dari olahan kentang varietas medians hasil penelitian dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Jul. 28, 2018
  • RT @balitsa_ivegri: Tiga Mahasiswa asal Malaysia kunjungi Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Aug. 2, 2018

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us