Cabai merupakan salah satu komoditas strategis di Indonesia karena dapat memengaruhi tingkat inflasi akibat fluktuasi harga yang sering terjadi dipasaran. Kegagalan usaha tani cabai umumnya disebabkan oleh kesalahan penentuan waktu tanam, budidaya petani konvensional, serta pengendalian hama penyakit yang tidak tepat. 
 
Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani dalam budidaya cabai, Puslitbang Hortikultura bekerja sama dengan Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten menyelenggarakan bimtek budidaya dan perbenihan cabai di Kantor Puslitbang Hortikultura. Bimtek dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 23-24 April 2019. Peserta yang mengikuti bimtek berasal dari petani klaster Baros binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten.
 
Bimtek dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian Puslitbang Hortikultura Seta Rukmalasari Agustina, SP, MMA, MSc. Pada sambutan pembukaanya, Rukmalasari menyampaikan bahwa bimtek seperti ini penting dilakukan sebagai ajang tukar menukar ilmu dan pengalaman, sehingga bisa kita peroleh hasil yang lebih baik lagi. 
 
Abdallah Irham, Konsultan Tenaga Ahli UMKM mewakili Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten juga berharap bimtek ini mampu menambah pengetahuan petani dan meningkatkan gairah peserta bimtek untuk terus menjalankan usaha tani khususnya pada sub sektor hortikultura terutama komoditas cabai. 
 
Materi bimtek meliputi Budidaya Cabai, Pengenalan dan Pengendalian Hama/Penyakit, serta Perbenihan Cabai. Menghadirkan narasumber peneliti dari Balitsa yaitu Ir. Wiwin Setyawati, MS dan Ir. Chotimatul, MS. Selain teori, peserta bimtek juga diajak untuk melakukan praktek pemilihan bibit yang baik, pemangkasan tanaman, pengukuran pH tanah dan pH air yang sesuai untuk pertanaman cabai. 
 
Sumber : (Puslitbanghorti)
 
favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Twitter Feed

  • RT @balitsa_ivegri: Ini keripik Kentang Chidori dihasilkan dari olahan kentang varietas medians hasil penelitian dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Jul. 28, 2018
  • RT @balitsa_ivegri: Tiga Mahasiswa asal Malaysia kunjungi Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Aug. 2, 2018

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us