SUMEDANG - Ibu Iriana Joko Widodo bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla, dan para istri pejabat yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja) berkunjung ke Sumedang pada Kamis (07/02/2019). Pada kesempatan tersebut, Ibu Iriana menyempatkan diri melakukan aksi menanam cabe bersama siswa-siswi SDN Tanjungsiang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kegiatan menanam ini sejalan dengan salah satu program OASE Kabinet Kerja yang dibentuk oleh Ibu Negara, yakni Indonesia bersih dan hijau untuk generasi yang lebih baik. Mendukung hal tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Dirjen Hortikultura, Badan Ketahanan Pangan, dan berbagai lingkup Kementan lainnya, menyiapkan sekitar 2000 Tanaman.

Berbagai jenis tanaman yang diberikan diantaranya tanaman sayuran seperti Pakcoy, Sosin, Kangkung, Cabe, Selada Merah, Selada Hijau, Bawang Daun, Saledri, dan masih banyak lagi. Terdapat varietas khusus yang dikembangkan Balitbangtan yang diberikan melalui BPTP Jabar, yakni Tomat Ratna dan Kangkung Sutra. Sementara untuk tanaman buah-buahan, diberikan 400 batang Mangga, 300 batang Jambu Kristal dan 300 batang Jambu Harman (Jamaika).

Selain tanaman, disiapkan pula 200 bungkus aneka benih sayuran dan mendukung pembelajaran turut diberikan leaflet, polybag, tanah sebanyak 7 karung, 2 set vertikultur dan 2 set hidroponik.

Kehadiran Ibu Iriana disambut suka cita oleh para siswa. Diawali dengan senam jasmani bersama, siswa-siswi SD nampak begitu semangat menerapkan hidup sehat sejak dini. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan menanam bersama, dan ditutup dengan cuci tangan bersama. Ibu Iriana dan Ibu Mufidah mempraktikkan gerakan mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar. Ratusan siswa-siswi SD itu tampak bahagia saat mengikuti arahan tersebut sambil diiringi nyanyian dan tarian 'Cuci Tangan'. 

Salah satu siswa kelas 6, Imam Solihin, berkesempatan berbincang dengan Ibu Negara. "Imam sebelum makan apa dulu?, "tanya Ibu Iriana.

"Mencuci tangan," jawab Imam disambut tepuk tangan oleh siswa lainnya.

Imam kemudian diminta memperagakan gerakan cuci tangan. "Saya harap tidak hanya di sini saja. Semua bisa mencuci tangan (bersih)," tutur Ibu Iriana.

Tak ketinggalan, istri Gubernur Jabar Atalia Kamil, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir beserta Ibu juga turut hadir pada kegiatan ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi SDN Pancor yang berada tak jauh dari SD Tanjungsiang untuk kegiatan makan ikan, setelah itu, Ibu Negara beserta seluruh rombongan meninjau pelaksanaan sosialisasi program aksi deteksi dini kanker serviks dengan metode Individual Voluntary Arrangement (IVA) dan pemeriksaam IVA yang dilaksanakan di PT Kahatex, Kab. Sumedang, Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Kanker Internasional yang jatuh pada tanggal 4 Februari.(Humas BPTP Jabar/NRP)

Info Lebih Lanjut : BPTP Jawa Barat

favicon sertifikasi
BALAI PENELITIAN TANAMAN SAYURAN
Jl. Tangkuban Perahu 517,Kotak Pos 8413 Lembang 40391 - Jawa Barat - Indonesia.

Twitter Feed

  • RT @balitsa_ivegri: Ini keripik Kentang Chidori dihasilkan dari olahan kentang varietas medians hasil penelitian dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Jul. 28, 2018
  • RT @balitsa_ivegri: Tiga Mahasiswa asal Malaysia kunjungi Balai Penelitian Tanaman Sayuran.
    Aug. 2, 2018

Waktu Pelayanan

  • Senin s/d Kamis
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 12.00 - 13.00 WIB
  • Jumat
    :.. 8.00 - 15.30 WIB
  • Istirahat
    : 11.30 - 13.00 WIB
Connect With Us